Informasi di Malang

Tentang Malang

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur dan kota terbesar ke 12 di Indonesia. Kota Malang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dengan luas 145.28 km, Kota Malang dihuni oleh 896,387 jiwa penduduk dengan mayoritas penduduk suku Jawa dan disusul Madura.

Hari Jadi Kota Malang jatuh pada tanggal 1 April 1914. Kota Malang terletak di dataran tinggi yaitu pada ketinggian 440-667 mdpl. Tidak heran suhu di Kota Malang terasa dingin. Kota Malang juga dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Kelud dan Gunung Panderman.

Transportasi Kota Malang

Pemerintah Kota Malang menyediakan transportasi angkutan umum dan bus sekolah. Bus sekolah bukan hanya melayani area pusat saja, namun juga ke sekolah-sekolah pinggiran. Terdapat 2 stasiun di Kota Malang yaitu Stasiun Blimbing dan Stasiun Malang Kotalama.

Sedangkan untuk angkutan udara, di Kota Malang terdapat Bandara Andul Rachman Saleh untuk rute domestik. Untuk rute Internasional dilayani Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo.

Julukan Kota Malang

Kota Malang mempunyai banyak sekali julukan. Seperti Kota Pendidikan (terdapat 5 PTN di Kota Malang), Kota Bunga (Kota Malang dipenuhi oleh bunga yang indah dan cantik), Kota Wisata (Kota Malang mempunyai banyak tempat wisata dan wisata kuliner yang mengagumkan dan mempesona), Kota Sejarah (banyak peninggalan-peninggalan bersejarah di Kota Malang).

Belum lama ini Kota Malang mendapatkan julukan baru yaitu Kota Pejuang. Julukan ini diusulkan karena Kota Malang mempunyai peristiwa heroik. Selain itu banyak pejuang di Kota Malang yang memiliki gelar pahlawan nasional.

Pendidikan Kota Malang

Kota Malang mempunyai 333 buah sekolah dasar atau sederajat, 133 buah SMP atau sederajat, 127 buah SMA atau sederajat dan 5 buah perguruan tinggi . Beberapa perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Nasional, Universitas Islam Malang dan Politeknik Negeri Malang. Tidak heran jika di beri julukan Kota Pendidikan.

Tempat Wisata Kota Malang

Selain menjadi Kota Pendidikan, Kota Malang juga merupakan Kota Wisata. Pada tahun 2016 jumlah wisatawan lokal di Kota Malang mencapai 3.987.074 orang sedangkan wisatawan mancanegara mencapai 9.535 orang.

Banyak sekali destinasi wisata di Kota Malang seperti Monumen Tugu, Hawai Waterpark, Museum Brawijaya, Museum Malang Tempo Doeloe, Taman Rekreasi Senaputra, Malang City Tour dan lain sebagainya.

Wisata Kuliner Kota Malang

Selain tempat wisata cantik dan mempesona, di Kota Malang juga terdapat wisata kuliner yang akan memanjakan lihat Anda. Seperti Malang Strudel (kue lapis dari pastry dan berisi buah-buahan), Keripik Tempe Sanan, Pia Mangkok, Lumpia Hoklay, Bakso Malang, Toko Oen dan masih banyak lainnya.

Sebagai salah satu kota penting di Indonesia, Malang mempunyai peran yang sangat besar. Baik untuk sektor wisata, sejarah hingga perekonomiannya. Banyak sekali pemasukan Negara yang didapatkan dari wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Bukan hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga banyak yang berkunjung ke Kota Malang yang begitu indah dan mempesona ini.