Wisata Pantai Tanjung Aan merupakan destinasi wisata terbaik yang berlokasi di Desa Kuta Lombok, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah yang memiliki jarak 75km dari Kota Mataram. Pesona indah dari Pantai Tanjung Aan ini tidak terlepas dari kisah pilu dan tragis percintaan yang melibatkan Puteri Mandalika.

Sejarah Pantai Tanjung Aan

Diceritakan bahwa Puteri Mandalika melompat dari sebuah bukit yang ada di Tanjung Aan demi menghindari adanya kejaran pangeran yang berkeinginan untuk menikahinya. Selanjutnya, Puteri Mandalika kemudian berubah menjadi cacing nyale yang merupakan hewan tanah dan hanya ditemukan di wilayah wisata Pantai Tanjung Aan.

Disebutkan bahwa cacing tersebut hanya akan muncul pada waktu tertentu saja dan di bulan Februari selalu dilakukan suatu ritual yang dikenal dengan Ritual Bau Nyale.

Fasilitas Pantai Tanjung Aan

Selama berwisata di Pantai Tanjung Aan, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 2km sembari bersantai menikmati air kelapa muda. Selain itu, wisatawan juga diperkenankan untuk berenang, snorkeling, berselancar, berjemur, menikmati ritual budaya Nyale, mendaki bukit hingga menyaksikan indahnya sunset di tempat wisata Pantai Tanjung Aan ini.

Cara Menuju ke Pantai Tanjung Aan

Untuk berkunjung ke tempat wisata Pantai Tanjung Aan, wisatawan bisa memanfaatkan kendaraan umum atau menyewa kendaraan dari Mataram. Rute perjalanan bisa dimulai dari By Pass Bandara International Lombok (BIL) yang menuju ke wilayah Kuta Lombok hingga tiba di bundaran Mandalika Resort. Dari sini, wisatawan bisa belok kiri hingga menemukan suatu tanjakan, selanjutnya bisa belok kanan yang akan mengarah ke Pantai Tanjung Aan.

Maps

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews

Reply

Cancel reply