Gunung Prabu Lombok masuk dalam kategori Kawasan Ekonomi Khusus di Lombok Tengah (Loteng) yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Lombok Tengah yang kini sedang terkena ancaman serius.

Pengenalan Sejarah Gunung Prabu

Gunung Prabu dijadikan salah satu kawasan penambangan emas liar sampai saat ini. Penambangan tersebut tidak hanya mengancam Gunung Prabu saja namun semua destinasi wisata unggulan yang ada di sekitarnya.

Adanya masalah tersebut di Gunung Prabu Lombok membuat pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) harus dengan tegas menangani masalah pertambangan emas liar atau illegal tersebut. Masyarakat menuntut pemerintah untuk segera menutup pertambangan yang berlangsung di Gunung Prabu tersebut. Hal tersebut akan berdampak pada wisatawan yang akan berkunjung dan akan berpikir ulang untuk datang ke tempat pariwisata tersebut.

Hal tersebut akan merugikan pihak pariwisata yang akan mengalami kerugian serta objek wisata yang tidak akan berkembang. Tidak hanya pihak pemilik pariwisata yang akan rugi namun juga pemerintah. Para penanam modal akan berpikir ulang untuk menginvestasikan modalnya jika mengetahui bahwa tempat wisata tersebut merupakan penambangan ilegal.

Cara Menuju ke Gunung Prabu

Gunung Prabu Lombok berlokasi di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Akses menuju Gunung Prabu memang jauh jika dari pusat kota Mataram namun masih bisa  menggunakan kendaraan pribadi. Disana terdapat tambang emas maka akses mobil masih bisa namun jalan belum semulus ibukota. Sisa-sisa pertambangan membuat jalan licin jika sedang musim hujan.

Maps

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews

Reply

Cancel reply