Informasi di Lombok

Tentang Lombok

Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang memiliki daya tarik paling indah. Letaknya berada di kepulauan Sunda kecil, Nusa tenggara, Pulau ini memiliki bentuk yang unik yaitu bulat dan terdapat betuk ekor pada bagian baratnya. Luas Pulau Lombok mencapai 5435 km2. Pulau dibagi menjadi 1 kota dan 4 kabupaten yang meliputi kota Mataram, kabupaten Lombok Timur, kabupaten Lombok Tengah, kabupaten Lombok Barat serta kabupaten Lombok Utara.

Jumlah penduduk menurut data 2001 sebesar 2.722.123 jiwa. Sebanyak 80% penduduk Pulau Lombok  suku Sasak yang dekat dengan suku Bali. Suku Sasak sebagian besar memeluk agama islam. 20% penduduk lainnya merupakan orang Jawa, Arab, Tionghoa dan Bali.

Bahasa yang digunakan oleh masyarakatnya yaitu bahasa Indonesia. Sedangkan suku Sasak menggunakan bahasa khusus untuk percakapan sehari-hari.

Alat Transportasi di Pulau Lombok

Saat berada di Lombok, Ada bisa melihat alat transportasi tradisional Lombok Cidomo. Masyarakat menggunakan alat transportasi Cidomo untuk pergi ke berbagai daerah di Lombok. Cidomo merupakan alat transportasi yang mirip dengan delman, dokar, dan cikar. Hewan yang digunakan untuk menarik alat transprtasi yaitu kuda.

Cidomo tidak hanya digunakan oleh masyarakat Lombok namun, wisatawan juga kerap menaiki untuk keliling. Menaiki Cidomo sambil melihat pemandangan bagus memberikan pengalaman indah dan menyenangkan. Rasanya ingin seharian keliling wisata meggunakan Cidomo.

Kawasan Populer di Pulau Lombok

Tidak berkunjung ke tempat wisata Lombok saja, Anda bisa menghabiskan waktu belanja di pusat perbelanjaan paling popular di Lombok. Pusat belanja Lombok menawarkan harga terjangkau.

Beberapa rekomendasi tempat belanja di Lombok yaitu Mataram Craft Center (MCC), Taman Hutan Sunardi, Pasar Seni Sayang-Sayang, pasar seni kute, Desa Adat Sade, Pasar Cakranegara, desa Banyumelek. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Lombok pusat perbelanjaan tersebut.

Tempat Wisata Terkenal Pulau Lombok

Pulau Lombok memiliki tempat wisata dengan jumlah banyak. Terlalu banyaknya tempat wisata disana membuat pulau ini sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat wisata yang ditawarkan yaitu wisata pantai, sejarah, dan budaya. Setiap tempat wisata dikelilingi oleh pemandangan indah sehingga wisatawan suka liburan di sana.

Tempat wisata Lombok yang dapat dikunjungi oleh Anda diantaranya yaitu Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak, Pantai Tanjung Ann, Pantai Bangko-bangko, Pantai Tangsi, Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan, Taman Narmada, Dusun Sade, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Gili Nanggu, Gili Layar, Air Terjun Sendang Gile, dan Air Terjun Tiu Kelep.

Kuliner Khas Pulau Lombok

Keliling Pulau Lombok rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba makanan khas disana. Lebih baik mencicipi makanan khas Lombok yang super lezat. Makanan kuliner Lombok yang pertama ada plecing kangkung. Masyarakat sering memakan plecing kangkung, bahkan makanan ini dijadikan sebagai makanan wajib sehari-hari. Plecing kangkung dibuat dari rebusan sayur kangkung, kemudian di atasnya diberi samba tomat.

Makanan khas Lombok kedua yang wajib di coba yaitu sate bulayak. Makanan ini perpaduan antara sate dengan bulayak, keduanya disajikan bersama. Bulayak seperti ketupat namun dibungkus menggunakan daun aren. Untuk satenya sangat lezat karena dimasak menggunakan bumbu khas serta ditambahkan campuran kemiri dan santan.

Kuliner khas Lombok yang bisa dicicipi masih banyak lagi. Ada kuliner nasi puyung, kelaq batih, nasi sukaraja, sate Tanjung, ares, kelaq sebie, ayam taliwang, sate rembige, kelaw lebui, beberuq terong, ikan bakar pantai nipah dan masih banyak lagi.