Kota Lama Semarang

0 (0 reviews)
Lainnya

Kota Lama Semarang merupakan kawasan di Kota Semarang yang dulunya adalah pusat perdagangan pada abad 19 hingga 20. Saat ini, Kota Lama Semarang menjadi kawasan wisata sejarah Semarang dan terkenal akan jajaran bangunan tuanya, yang beberapa masih difungsikan sebagai gedung maupun restoran sampai saat ini.

Sejarah Kota Lama Semarang

Dahulunya, Kota Lama Semarang dikenal dengan nama Outstadt dan di sekitarnya terdapat jalan-jalan yang berfungsi sebagai jalur perhubungan. Jalan utama Kota Lama Semarang dulunya bernama Heeren Straat – sekarang dikenal dengan nama Jalan Letjen. Suprapto.

Di kawasan Kota Lama Semarang, terdapat minimal 50 bangunan lama bergaya kolonial Belanda dengan total luas kawasan sekitar 31 hektar. Beberapa bangunan yang menjadi ikon Kota Lama Semarang dan masih berfungsi sampai sekarang seperti:

  • Gedung Societiet de Harmonie, yang sekarang menjadi gedung kantor Bank Mandiri KC Mpu Tantular.
  • Gereja Mblenduk yang masih berfungsi sampai sekarang, dan dibangun di abad ke-18.
  • Gedung Balai Kota, yang sekarang menjadi Gedung Keuangan PPAK.
  • Jembatan Mberok yang dibangun di abad ke-17 dan masih berfungsi sampai saat ini.

Aktivitas di Kota Lama Semarang

Saat ini, Kota Lama Semarang telah direnovasi agar semakin nyaman dan ramah pejalan kaki. Jadi, para pengunjung dapat berjalan-jalan dengan nyaman menikmati pemandangan di kawasan Kota Lama Semarang dan merasakan nuansa kuno yang masih terjaga sampai sekarang.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sini adalah menyelami potongan sejarah Semarang lewat jejeran gedung kuno bergaya kolonial Belanda di kawasan Kota Lama Semarang. Selain itu, para pengunjung juga bisa berfoto-foto di penjuru Kota Lama Semarang.

Pengunjung juga bisa bersantai di kawasan Kota Lama Semarang sambil menikmati kuliner lezat atau kopi hangat di Spiegel Bar & Bistro, yang menjadi salah satu ikon Kota Lama Semarang. Jajaran kuliner lain yang dapat dicicipi termasuk Ikan Bakar Cianjur, Gule Bustaman, Sate dan Gule Kambing 29, serta Nasi Goreng Babat Pak Karmin.

Berbagai coffee shop juga sudah semakin banyak bermunculan di Kota Lama Semarang. Termasuk Starbucks Coffee, Tekodeko Koffiehuis, dan sebagainya.

Cara Menuju ke Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama Semarang saat ini menjadi kawasan bebas dari kendaraan bermotor. Tapi, terdapat beberapa kantong parkir di penjuru Kota Lama Semarang untuk memarkirkan kendaraan pribadi para pengunjung.

Akses ke Kota Lama Semarang sangat mudah dan bisa dikunjungi dari berbagai arah. Dari arah pusat kota (Simpang Lima), Kota Lama Semarang berjarak sekitar 5 km dan bisa dijangkau naik mobil maupun ojek online dalam waktu 12 menit.

Kota Lama Semarang juga bisa dijangkau dengan BRT Trans Semarang Koridor IV atau Koridor II, dan turun di halte Kota Lama yang lokasinya tepat di dalam kawasan Kota Lama Semarang Jalan Letjen Suprapto.

*Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 00:00 - 23:59
Selasa: 00:00 - 23:59
Rabu: 00:00 - 23:59
Open now
Kamis: 00:00 - 23:59
Jumat: 00:00 - 23:59
Sabtu: 00:00 - 23:59
Minggu: 00:00 - 23:59

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply