Seaworld Ancol
Responsive image

SeaWorld Ancol adalah sebuah miniatur pesona laut yang berada di Ancol, Jakarta. 3 misi yang dimiliki SeaWorld Ancol adalah Pendidikan, Konservasi dan Hiburan, sehingga SeaWorld memiliki tampilan akuarium maupun wahana yang memberikan pesan tersendiri.

Sejarah Berdiri

SeaWorld Ancol mulai dibangun pada tanggal 2 Oktober 1992 pada masa pemerintahan Gubernur DKI Wigoyo Atmodarminto. Selanjutnya pada tanggal 3 Juni 1994, Seaworld resmi beroperasi dan dibuka untuk umum. Seaworld Ancol  memiliki luas area sebanyak 3 hektar tetapi untuk luas bangunan utamanya sebesar 4.500 meter persegi. Bangunan utama ini terdiri dari akuarium, lorong antasena, museum, perpustakaan, glow theatre, terapi ikan dokter, komputer edukatif layar sentuh, serta berbagai fasilitas lainnya seperti toko souvenir, tempat makan dan ruang serba guna.

Koleksi

SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

Pembagian Bangunan Utama

SeaWorld Ancol terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya akuarium utama, area air tawar, lorong antasena atau lorong bawah air dengan panjang 80 meter, akuarium dugong serta akuarium ekosistem terumbu karang. 

Berikan komentarmu: