Pulau Pramuka
pulau pramuka jakarta

foto: paradisotraveling.com

Pulau Pramuka merupakan satu diantara banyak gugusan Kepulauan Seribu dimana disini dijadikan pusat pemerintahan kabupaten administrasi dari Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang dihuni penduduk. Ada sekitar 1.700 penduduk mendiami pulau yang telah memiliki fasilitas lengkap ini. Awal nama pulau berawal dari kegiatan kepramukaan di pulau ini sekitar tahun 1950-1970an sebelum Bumi Perkemahan Cibubur berdiri.

Fasilitas dan wisata di Pulau Pramuka

Sebagai pusat kota administratif, Pulau Pramuka telah memiliki fasilitas yang lengkap seperti masjid, rumah sakit, kantor pos, sarana pendidikan, hotel penginapan, dermaga dan lain-lain. Ojek perahu juga bisa disewa pengunjung yang ingin melakukan perjalanan wisata ke pulau lain seperti Pulau Karya, Pulau Panggang dan destinasi pulau lain di Kepulauan Seribu.

Keindahan Pulau Pramuka memang tak kalah dari pulau destinasi wisata laut populer di Kepulauan Seribu. Pengunjung bisa menikmati matahari terbit dan terbenam di pulau ini. Terdapat konservasi penyu sisik yang bisa dikunjungi dan hutan bakau rintisan tahun 1999 yang berada di sisi timur pulau ini. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan antara lain menikmati pinggir pantai perairan dangkal dan bersepeda mengelilingi pulau.

Cara Menuju ke Pulau Pramuka

Pulau Pramuka bisa diakses dari Marina Ancol menggunakan kapal cepat yang membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan. Bisa pula memilih rute dari Muara Angke di Jakarta Utara atau ditempuh dari Tanjung  Pasir, Rawa Saban dan Kronjo di Tangerang.

Berikan komentarmu: