Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan salah satu gugusan Kepulauan Seribu yang menjadi salah satu pulau berpenghuni. Sejarah mencatat jika tempat wisata Pulau Harapan ini dulunya menjadi sebuah tempat penahanan untuk para kriminal di kala Jepang menyerang Indonesia pada tahun 1942.

Selang kemerdekaan Indonesia diplokamirkan, Pulau Harapan menjadi rumah sakit lepra yang berada di bawah naungan Departemen Kesehatan Indonesia hingga tahun 1960.

Aktivitas Menarik di Pulau Harapan

Selama berwisata di Pulau Harapan, wisatawan akan disajikan panorama indah berupa wisata bawah laut yang sangat asri dengan berbagai biota laut di dalamnya. Pasir pantainya yang sangat indah menawarkan berbagai aktivitas menarik mulai dari berjemur hingga diving untuk mengeksplorasi alam bawah laut. Tidak mengherankan jika tempat ini kemudian dijadikan sebagai tujuan wisata murah bagi wisatawan dalam maupun luar negeri.

Di tempat wisata Pulau Harapan ini juga terdapat penginapan yang dibandrol dengan harga Rp 250,000 per malam. Wisatawan juga berkesempatan untuk menikmati pesta BBQ dengan membeli ikan segar yang menjadi tangkapan dari nelayan setempat. Oleh sebab itu, tempat wisata ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan di akhir pekan mengingat rute perjalanannya juga terbilang sangat mudah.

Cara Menuju ke Pulau Harapan

Untuk bisa sampai di tempat wisata Pulau Harapan, wisatawan bisa menggunakan kapal yang akan berangkat dari tiga wilayah pilihan seperti Muara Angke, Kali Adem, ataupun Marina Ancol pada pukul 07.00 hingga 08.00 waktu setempat.

Pemberangkatan dari Marina akan menghabiskan biaya lebih mahal sekitar Rp 200,000-Rp 250,000 dengan menggunakan speed boat yang menempuh perjalanan selama 1 jam 30 menit. Untuk pemberangkatan dari Muara Angke dikenakan biaya Rp 60,000-Rp 80,000 dengan kapal tradisional dengan waktu tempuh 3 jam.

Berikan komentarmu: