Monumen Nasional
Responsive image

Monumen Nasional atau Monas merupakan monumen peringatan dengan tinggi 132 meter dan dibangun untuk mengenal perlawanan serta perjuangan Rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan Belanda. Monas mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 pada masa pemerintahan Soekarno kemudian resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1965.

Monumen yang berbentuk tugu ini memiliki mahkota lidah api yang dilapisi emas. Lokasi Monumen Nasional berada di tengah Lapangan Merdeka Jakarta Pusat.

Struktur Bangunan Monumen Nasional

Monumen Nasional memiliki tinggi bangunan 132 meter berbentuk lingga yoni dan seluruh bagian bangunan dilapisi marmer. Terdapat lidah api dibagian puncak bangunan dengan tinggi 17 meter, diameter 6 meter serta beratnya 14,5 ton. Lidah api tersebut berlapiskan emas dengan berat 45 kg dan terdiri dari 77 bagian. Terdapat bagian pelataran puncak dengan luas 11x11meter yang bisa dijangkau menggunakan lift. Sedangkan pelataran bawah memiliki luas 45x45 meter dengan tinggi 17 meter.

Museum Sejarah Perjuangan Nasional

Museum Nasional juga memiliki sebuah museum yang berada di bagian bawah bangunan tugu monumen. Museum tersebut merupakan sebuah ruangan dengan luas 80x80 meter dan tinggi 8 meter. Di dalam museum ini ditampilkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia ketika melawan penjajah. Terdapat ruangan khusus diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak zaman kerajaan hingga G30S PKI. 

Berikan komentarmu: