Taman Margasatwa Ragunan
Responsive image

Taman Margasatwa Ragunan merupakan sebuah kebun binatang yang berlokasi di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dan memiliki luas 140 hektar.

Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi satwa sekitar 295 spesies serta 4040 spesimen. Pada 19 September 2005 kebun binatang ini pernah ditutup hingga 3 minggu karena hewan-hewan di dalam kebun binatang ini terinfeksi flu burung. Kemudian setelah itu dibuka kembali pada tanggal 11 Oktober 2005.

Sejarah Taman Margasatwa Ragunan

Pada awalnya kebun binatang ini didirikan tahun 1864 dengan luas 10 hektar di wilayah Cikini, Menteng, Jakarta Barat dan saat itu menjadi hadiah dari Raden Saleh seorang pelukis terkenal. Setelah Indonesia merdeka tepatnya pada tahun 1949, kebun binatang ini disebut sebagai Kebun Binatang Cikini.

Kemudian pada tahun 1964 masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Soemarmo, kebun binatang tersebut dipindahkan ke Pasar Minggu Jakarta Selatan. Luas kebun binatang ini juga semakin diperluas mencapai 30 hektar karena memperoleh hibah dari Gubernur DKI Jakarta. Lalu kebun binatang ini kembali diresmikan dengan nama Kebun Binatang Ragunan pada tanggal 22 Juni 1966 oleh Ali Sadikin yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada masa itu.

Berikan komentarmu: