Informasi di Jakarta

Tentang Jakarta

Jakarta merupakan Ibukota dari Indonesia yang memiliki penduduk yang sangat banyak dibandingkan kota lain. Meski keadaannya sebagai Ibukota, banyak orang belum mengetahui keindahan dan keistimewaan dari Jakarta. 

Jumlah penduduk yang tinggal di kota Jakarta yaitu 9.992.842 jiwa. Luas wilayah Ibukota Jakarta yaitu 664.01 Km2. Jumlah penduduk yang tinggi dengan luas wilayah yang kurang besar membuat kota Jakarta semakin padat. Pantas saja Jakarta dijuluki dengan kota terpadat di Indonesia.

Ada beberapa keunikan dari Jakarta yaitu di kota ini memiliki banyak sekali gedung pencakar langit. Bahkan dinobatkan sebagai kota yang memiliki gedung pencakar langit paling banyak di dunia yang menempati urutan ke 17 dari 40 kota lainnya.

Keunikan lainnya yaitu pernah berganti nama selama 10 kali. Mulai dari Sunda Kelapa, Stad Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gamente Batavia, Betshu Shi, Jakarta Toko, Jakarta, Kota Praja Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, dan akhirnya yang terakhir Jakarta.

Transportasi di Jakarta

Jakarta memiliki alat transportasi yang cukup lengkap. Bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, para wisatawan, dan para pendatang lainnya. Alat transportasi yang dapat digunakan saat berada di Jakarta yaitu kereta api listrik (KRL), Transjakarta, taksi konvensional, taksi online, kopaja, bajaj, dan ojek. Semua transportasi terletak di spot tertentu dan hampir di setiap daerah ada, jadi Anda tidak perlu kebingungan saat mencari transportasi di Jakarta.

Area populer di Jakarta

Area paling populer yang berada di Ibu kota Jakarta yaitu ada pasar tanah abang. Pasar tersebut memiliki 12 lantai yang seluruhnya menjual kebutuhan tekstil, pakaian, sepatu, celana hingga perlengkapan rumah. Ada juga area perbelanjaan ITC Cempaka Mas, ini sangat populer sekali karena merupakan tempat pusat grosir paling besar di Asia Tenggara. Ada 5.500 pedagang berada di ITC Cempaka Mas dan terbagi dalam 5 lantai, Anda bisa mendapatkan harga murah bila beli disini.

Tempat wisata populer di Jakarta

Kawasan wisata yang berada di Jakarta tak kalah menarik dengan kota lainnya. Ibu kota Jakarta memiliki puluhan tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada disana. Ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi di Jakarta seperti Taman Mini Indonesia Indah, Kepulauan Seribu, Ancol, Pulau Tidung, Kebun Binatang Rangunan, Ocean Ecopark, dan wisata terpopuler lainnya.

Kuliner Jakarta

Ada beberapa masakan khas Ibukota Jakarta yang sangat lezat, salah satu contohnya lontong sayur. Makanan lontong sayur memiliki bumbu yang khas sehingga ketika dimakan rasanya sangat enak sekali. Bisa juga mencicipi soto Betawi. Kuah kental serta pekat soto ini dapat menggugah selera makan setiap orang. Masih banyak makanan khas Jakarta lainnya, pastinya semua makanannya sangat mantap.