Curug Benowo

0 (0 reviews)
Rp4.000
Air Terjun

Gunung Ungaran memang menghadirkan banyak tempat wisata menarik di sekitarnya. Salah satunya adalah Curug Benowo Semarang. Tempat liburan keluarga ini terkenal dengan pesona alamnya yang masih asri. Selain itu, lokasinya juga sangat mudah dijangkau dan dekat dengan Curug Lawe.

Ada ragam keunikan serta daya tarik yang bisa Anda temui di air terjun ini, mulai dari pemandangan, sejarah, sampai akses lokasinya yang menawarkan pemandangan alam indah. Inilah ulasan selengkapnya untuk Curug Benowo Semarang yang bisa Anda kunjungi.

Tempat Wisata Curug Benowo Semarang

Sejuknya air yang mengalir dari atas tebing merupakan ciri khas utama yang dimiliki Curug Benowo ini. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan banyak hal unik lainnya ketika menyambangi kawasan wisata ini.

Daya Tarik dan Sejarah Curug Benowo

Penduduk setempat menamai tempat wisata ini dengan sebutan Benowo lantaran dulunya dipercaya sebagai tempat singgah Pangeran Benowo. Pangeran Benowo sendiri merupakan salah satu putra mahkota dari Kerajaan Pajang. Bahkan, ada juga yang menyebutnya dengan Petilasan lantaran sisi historisnya.

Salah satu daya tarik utama objek wisata ini adalah banyaknya cekungan tebing tinggi. Jika dihitung, jumlah tebingnya mencapai 25 buah. Sementara ketinggian air terjunnya mencapai 50 meter dengan debit air yang cukup deras guyurannya.

Keunikan Pemandangan Curug Benowo

Ada banyak keunikan yang bisa didapatkan pengunjung, salah satunya jembatan kayu yang ada di pinggiran sungainya. Jembatan ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto bagi para pengunjung. Ada juga gemercik air yang suaranya sangat khas. Hal ini ditengarai karena air yang jatuh langsung mengenai bebatuan di bawahnya.

Pengunjung disarankan datang pada pagi hari agar bisa lebih puas berjalan-jalan di sekitarnya. Pengelolaan wisata juga dinilai cukup baik. Pengunjung akan dengan mudah menemukan tempat makan, mushola, hingga kamar mandi bersih di lokasi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Curug Benowo

Ada banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung di Curug Lawe, salah satunya adalah bermain air. Memang untuk berenang tidak begitu disarankan lantaran bebatuan besarnya menghampar hampir di segala sisi.

Walaupun demikian, wisatawan masih tetap bisa berfoto sambil bermain air. Trekking di sekitar lokasi juga menarik dilakukan. Jika ingin berjalan-jalan, sebaiknya bawalah pemandu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Menuju ke Lokasi Curug Benowo

Curug Benowo beralamat di Kalisidi, RT 01/RW 06, Ungaran Barat, Semarang. Jika ingin mencari akses yang mudah, Anda bisa memulainya dari Alun-Alun Ungaran. Arahkan perjalanan ke Mapagan, kemudian belok kanan hingga Makam Darul Mukminin Siplaosan sampai ke Benowo.

Setelah sampai di kawasan makam tersebut, sebaiknya ikuti petunjuk arah yang tersedia. Hati-hati ketika membawa kendaraan karena jalannya sedikit menanjak. Di sekitar sisi kiri dan kanannya terdapat pohon karet yang luas yang juga menjadi pemandangan paling ikonik selama perjalanan.

Air terjun setinggi 50 meter ini memanglah cocok sebagai destinasi pilihan Anda. Sebaiknya jika ingin datang ke lokasi, mulailah pada pukul 06.00 WIB sampai 15.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp4.000.

*Informasi harga tiket masuk & jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 6:00 - 15:00
Selasa: 6:00 - 15:00
Rabu: 6:00 - 15:00
Kamis: 6:00 - 15:00
Closed
Jumat: 6:00 - 15:00
Sabtu: 6:00 - 15:00
Minggu: 6:00 - 15:00

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply