Observatorium Bosscha

0 (0 reviews)
Rp15.000 - Rp20.000
Lainnya

Berlibur sambil belajar adalah hal menarik untuk dilakukan. Salah satu area yang cocok untuk melakukan hal tersebut ada di Observatorium Bosscha. Tempat wisata ini sebenarnya merupakan observatorium yang digunakan untuk mengamati objek di luar angkasa. Belajar tentang ruang angkasa pun terasa lebih menyenangkan.

Wisata edukasi ini semakin terkenal sejak dijadikan sebagai latar cerita di film Petualangan Sherina. Bagi yang ingin mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan, berwisata ke kawasan satu ini tentu cocok dilakukan. Inilah daya tarik dan ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Observatorium Bosscha

Mengunjungi Observatorium Bosscha merupakan ide menarik untuk menikmati ilmu perbintangan sekaligus berwisata. Tempat penelitian ini tergolong legendaris karena sudah berdiri cukup lama. Ini dia ulasannya.

Sejarah Observatorium Bosscha

Observatorium yang ada di Lembang ini dibangun pertama kali oleh Nederlandsch – Indiche Sterrenkundige Vereeniging atau yang lebih dikenal sebagai Himpunan Astronomi Hindia Belanda. Nama Bosscha diambil dari tuan tanah yang memberi bantuan lahan tempat berdirinya.

Pembangunannya dilakukan selama 5 tahun. Sekitar tahun 1933, tempat penelitian bintang ini kemudian dipublikasikan. Observasi kemudian dihentikan sementara karena adanya Perang Dunia II. Kemudian, renovasi besar-besaran dilakukan sampai bisa beroperasi normal kembali pada tahun 1951.

Keunikan Observatorium Bosscha

Salah satu keunikan yang dimiliki Observatorium Bosscha ini adalah teleskop raksasanya. Hal inilah yang membuat pengunjung sangat tertarik untuk melihatnya dari dekat dan mengamati bintang menggunakan alat canggih ini.

Bentuk bangunannya sangat menarik dengan model kubah yang khas. Warna kubah dan luar bangunan yang putih akan mengingatkan Anda pada baju angkasawan yang warnanya senada.

Pemandangan alam di sekitar kawasan wisata juga sangat indah. Hamparan tanah berselimutkan rumput hijau menambah rasa segar bagi siapa pun yang melihatnya. Aneka macam pepohonan juga membuat udara sekitar semakin sejuk.

Aktivitas di Observatorium Bosscha

Jangan khawatir jika merasa bosan berkunjung ke wisata edukasi. Observatorium Bosscha menawarkan paket wisata yang menyenangkan. Pengunjung bisa mengenal lebih dekat mengenai ilmu astronomi, melihat bintang dengan teleskop raksasa, dan berkeliling di area yang sejuk.

Jika langit cerah, Anda bisa langsung meneropong bintang dengan teleskop portable. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas mempelajari cara kerja alat peneropong tersebut agar ilmu pengetahuan semakin bertambah.

Lokasi Observatorium Bosscha dan Tips Berkunjung

Untuk mengunjungi Observatorium Bosscha ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Jawa Barat.

Jangan khawatir untuk harga tiket masuknya. Anda cukup membayar antara Rp15.000 sampai Rp20.000. Jam bukanya setiap hari antara pukul 09.00 sampai 13.30 WIB dan 17.00 sampai 20.00 WIB.

Adapun untuk mengunjunginya, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu ke nomor 022-2786027. Kapasitas pengunjung yang dibatasi hngga 180 orang saja memang membuat reservasi kunjungan adalah hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Sebagai salah satu wisata edukasi di Bandung, tentu saja Observatorium Bosscha merupakan tempat menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mengunjunginya di akhir pekan ini bersama keluarga untuk mendapatkan pengalaman liburan menyenangkan.

*Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 9:00 - 13:00
Selasa: 9:00 - 13:00
Rabu: 9:00 - 13:00
Open now
Kamis: 9:00 - 13:00
Jumat: 9:00 - 13:00
Sabtu: 9:00 - 13:00
Minggu: 9:00 - 13:00

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply