Kebun Binatang Bandung adalah salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, khususnya anak-anak. Kebun binatang ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi perlindungan dan pelestarian satwa, rekreasi, dan pendidikan. Sebagai salah satu objek wisata terbaik di Kota Bandung, berikut 5 informasi penting seputar Kebun Binatang Bandung yang perlu diketahui.

Sejarah Berdirinya Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung didirikan tahun 1930 oleh komunitas penyayang binatang Bandung Zoological Park (BZP). Pada tahun 1933, Gubernur Jenderal Hindia Belanda memerintahkan untuk membangun Kebun Binatang Bandung. Setelah terbengkalai pada masa pendudukan Jepang, tempat ini kemudian direnovasi. Pada tahun 1957, BZP dibubarkan dan berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Taman Sari.

Lokasi dan Akses ke Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung berlokasi di Jl. Kebun Binatang Nomor 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat. Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengakses tempat ini dari mana saja ke arah Jl. Taman Sari. Pengguna kendaraan umum bisa menaiki angkutan kota jurusan Cicaheum-Ledeng, Caringin-Sadang Serang, atau Tegalega – Cisitu.

Koleksi Satwa Kebun Binatang Bandung

Di Kebun Binatang Bandung, ada sekitar 800 jenis satwa dari dalam dan luar negeri dan 79 di antaranya merupakan satwa langka yang dilindungi. Jenis satwa yang ada meliputi mamalia, aves (unggas), reptil, burung, dan ikan. Pengunjung dapat mengetahui informasi tentang hewan yang ada dari papan informasi yang terdapat di setiap kandang, meliputi nama, habitat asal, jenis pakan, dan lain-lain.

Wahana dan Fasilitas di Kebun Binatang Bandung

Untuk menarik minat para wisatawan, pihak pengelola menyediakan berbagai wahana, seperti:

  • Sarana outbound dengan bermacam-macam permainan.
  • Tempat bermain anak yang dilengkapi ayunan, skuter, kereta api, istana balon, dan roller coaster.
  • Skywalk  berupa jembatan untuk melihat satwa lebih dekat.
  • Photo booth di lokasi kandang burung, binturung, unta, dan kolam ikan.
  • Danau dengan pulau buatan dan dapat dikelilingi menggunakan perahu.
  • Teater Satwa tempat menampilkan atraksi binatang.
  • Gajah Tunggang dan Unta Tunggang yang disediakan pada jam-jam tertentu.

Selain wahana, Kebun Binatang Bandung juga dilengkapi fasilitas yang memadai, seperti toilet umum yang bersih dan nyaman, pusat informasi, mini market, dan masjid yang cukup luas.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung beroperasi mulai pukul 08.00 WIB pagi hingga 16.00 WIB. Setiap pengunjung dikenai tiket sebesar Rp40.000 untuk perorangan dan Rp32.500 per orang untuk rombongan (minimal 30 orang). Pengunjung akan diberi gelang yang harus ditunjukkan saat akan memasuki wahana sehingga tidak perlu membayar lagi.

Kawasan Taman Sari tempat Kebun Binatang Bandung berada merupakan kawasan yang cukup sibuk karena di sana terdapat kampus ITB, Masjid Salman, kantor BATAN , Sasana Budaya Ganesha, dan objek wisata Babakan Siliwangi. Karena itu, pengunjung sebaiknya datang lebih awal dan jika memungkinan, hindari akhir pekan.

*Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 8:00 - 16:30
Selasa: 8:00 - 16:30
Rabu: 8:00 - 16:30
Kamis: 8:00 - 16:30
Jumat: 8:00 - 16:30
Sabtu: 8:00 - 16:30
Minggu: 8:00 - 16:30
Open now

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews

Reply

Cancel reply