Gunung Batu Lembang

Berlokasi di Daerah Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Gunung Batu Lembang merupakan sebuah daya tarik kota Bandung dengan panjang 22km dan lebar mencapai 300 meter. Sebuah tempat wisata yang terbentuk karena letusan dari Gunung Sunda pada zaman purbakala ini memiliki ketinggian 1335 mdpl. Dengan ketinggian yang cukup rendah, wisatawan masih bisa menikmati keindahan alam dari puncak tersebut.

Selain menawarkan pemandangan alamnya yang sangat mempesona, Gunung Batu, Bandung ini juga merupakan tempat penelitian LIPI. Di tahun 2008, LIPI mempublikasikan penelitian kaitannya dengan Gunung Batu bahwa gempa yang terjadi di 3000 tahun silam melibatkan 7 kali pergerakan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Broan Atwer yang berasal dari United States Geologically Survey menyatakan bahwa gempa bumi karena patahan Lembang bisa menimbulkan gempa dengan kekuatan 6,7 skala richter.

Aktivitas di Gunung Batu Lembang

Di tempat wisata Gunung Batu, Lembang ini, banyak sekali berbagai aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari menikmati keindahan matahari di sore hari hingga menikmati pemandangan berbagai gunung yang ada di sekitar lokasi seperti Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Putri. Untuk wisatawan yang gemar aktivitas menantang, kegiatan panjat tebing bisa dilakukan untuk memacu adrenalin. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pegunungan serta kota Bandung di saat malam hari yang penuh dengan gemerlap lampu.

Rute perjalanan menuju Gunung Batu Lembang

Tempat wisata ini bisa dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat kota Lembang bisa dijangkau dengan mengarah ke Jalan Raya Maribaya lurus dan belok kanan ke Jalan Buka Nagara kemudian dilanjutkan dengan belok kiri ke Jalan Buniwangi dan dari sini, wisatawan akan menemukan rute pendakian ke Gunung Batu.

Berikan komentarmu: