Awalnya, De Ranch merupakan lokasi memelihara sapi perah dan kuda tunggang. Melihat pemandangan alam sekitar yang begitu sejuk dan relevan untuk digunakan tempat wisata, akhirnya pihak pengelola melengkapinya dengan berbagai fasilitas hingga terciptalah tempat wisata ala koboi, De Ranch, pada Desember 2007.

De Ranch menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan paling banyak dikunjungi berkat keunikan yang dimilikinya. Para wisatawan bisa menciptakan momen liburan yang berkesan bersama keluarga maupun orang terdekat.

Keunikan Tempat Wisata

Pemilihan nama De Ranch sendiri dilatarbelakangi oleh nuansa areanya yang terkesan seperti peternakan Eropa. Terdapat beberapa keunikan maupun fasilitas dari tempat wisata yang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan warga Jawa Barat dan sekitarnya ini.

  1. Tema Cowboy/Western

Yang menjadikan wisata ini unik ialah konsep yang diusung, yakni bertema western atau cowboy. Pengunjung dapat bermain dengan kuda maupun menungganginya mengelilingi area tempat wisata. Aktivitas ini makin seru jika Anda mengenakan kostum ala koboi yang disediakan pengelola wisata.

  1. Kursus Menunggang Kuda

Pengelola menyediakan fasilitas kursus menunggang kuda. Tidak ada jadwal khusus mengenai kursus tersebut. Pengunjung bisa melakukannya setiap hari, tetapi sebelumnya harus melakukan pemesanan/reservasi terlebih dahulu.

Dalam proses kursus menunggang kuda, pengunjung akan diperkenalkan mengenai dasar-dasar menunggang, seperti pengenalan alat-alat hingga keamanan berkuda. Pengunjung juga akan diajari mengenali sifat dan kebiasaan kuda agar dapat menyesuaikan diri mengenai pengendalian menunggang.

Pengelola menyediakan lahan seluas 6,5 hektar sebagai fasilitas pengunjung untuk berkeliling dengan kuda. Setiap sudut dari tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai background foto. Terdapat rumah dengan gaya Belanda dan Eropa. Terdapat pula model rumah permen yang cocok untuk anak-anak.

  1. Bangunan Klasik dan Hiasan Tanaman Bunga di Setiap Sudut Area

Keunikan lainnya adalah terdapat hiasan bunga di setiap sudut tempat wisata yang memberi kesan megah, mewah, khas wisata di daerah ketinggian. Nuansa western yang dihasilkan pun begitu sempurna.

Adanya bangunan klasik yang tersebar di beberapa titik area wisata memberikan kesan kepada wisatawan seolah sedang berada di negeri dongeng.

  1. Area Panahan

Selain itu, terdapat pula area panah dengan peralatan lengkap guna menambah aktivitas. Pengunjung dapat mengadu ketangkasan kemampuan memanah. Pemanah dengan skor tertinggi yang akan menjadi pemenangnya.

Cara Menuju ke Tempat Wisata De Ranch

De Ranch terletak di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Jalan Maribaya No 17 Kayuambon, Lembang. Apabila Anda dari pusat Kota Bandung, pergilah ke arah utara menuju Bandung Zoo. Cukup ikuti jalur yang ada sampai tiba di Jalan Pagermaneuh. Anda akan tiba di lokasi setelah melanjutkan 10 menit perjalanan.

Perjalanan akan membutuhkan kurang lebih 41 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tempat wisata ini cocok untuk didatangi bersama keluarga. Walau sedang ramai dikunjungi sekalipun, wisatawan tetap akan mudah menemukan tempat parkir. Pengelola menyediakan lahan parkir yang sangat luas.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional De Ranch

Tiket masuk wisata De Ranch adalah Rp20.000, sedangkan harga untuk wahana wisata dibanderol mulai dari Rp15.000 sampai dengan Rp200.000 untuk segala usia. Tiket tersebut juga berfungsi sebagai voucher untuk ditukarkan dengan minuman.

De Ranch beroperasi 6 hari, mulai dari Selasa hingga Minggu, termasuk hari libur nasional. Jam operasional mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB, dan libur/tutup di hari Senin.

*Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: Libur
Selasa: 9:00 - 17:00
Rabu: 9:00 - 17:00
Kamis: 9:00 - 17:00
Jumat: 9:00 - 17:00
Sabtu: 9:00 - 17:00
Minggu: 9:00 - 17:00

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews

Reply

Cancel reply