Tanah Lot
Responsive image

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata berhawa religi yang banyak dikunjungi di Bali baik mereka yang menganut agama Hindu ataupun tidak. hal ini disebabkan karena Tanah Lot memiliki banyak daya tarik. Untuk wisata di siang hari, Tanah Lot menawarkan keindahan alam yang bisa disaksian dari pura Tanah Lot yang berada di atas batuan atau tebing yang besar. Pura ini merupakan pura yang didirikan di laut yang juga bagian dari Pura Dang Kahyang dan digunakan sebagai salah satu tempat penyembahan dewa penjaga lautan. Lokasi dari pura Tanah Lot ini tepatnya ada di Desa Beraban, Tabanan, Bali.

Seperti banyak tempat wisata lain di Indonesia, Pura Tanah Lot juga memiliki mitos tersendiri. salah satu sejarah mengatakan bahwa, batu yang ada di tengah pantai ini sebetulnya adalah batu yang dipindahkan oleh salah satu penyebar agama Hindu yaitu Dang Hyang Nirartha yang diusir pada saat bermeditasi. Hal inilah yang menyebabkan batu ini disebut sebagai Tanah Lot yang artinya batu karang yang ada di tengah lautan.

Selain memiliki daya tarik berupa pura ditengah pantai, Tanah Lot memiliki daya tarik lainnya berupa matahari yang terbenam di sore hari hal inilah yang menyebabkan Tanah Lot tidak hanya populer di siang hari tapi bahkan di malam hari menjelang surya tenggelam. 

Berikan komentarmu: