Pura Tirta Empul Tampak Siring

Pura Tirta Empul Tampak Siring Bali

Pura adalah rumah ibadah umat Hindu yang banyak dibangun di Bali. Banyak pura di Bali yang memiliki keistimewaan. Salah satunya adalah Pura Tirta Empul Tampak Siring. Tampak Siring sendiri adalah nama kabupaten di Gianyar, Bali. Luas Tampak Siring adalah 4,63 km persegi.

Sejarah Pura Tirta Empul Tampak Siring

Di kalangan wisatawan, Tampak Siring terkenal dengan Pura yang dinamakan Tirta Empul. Tirta Empul adalah nama pura yang ada di Tampak Siring. Di sana terdapat mata air yang digunakan sebagai pemandian. Tempat ini sangat sakral dan suci.

Sejarah nama Pura Tirta Empul berasal dari kata Tampak yang artinya telapak dan siring berarti miring. Sejarah ini dapat ditemukan pada Usana Bali. Diceritakan telapak tersebut dari telapak raja Mayadenawa.

Selain itu, ada juga istana kepresidenan yang didirikan oleh Ir. Soekarno. Istana tersebut dibangun dengan tahap-tahap yang perlahan-lahan. Istana tersebut diarsiteki oleh RM Soedarsono. Pada tahun 1957, bangunan awal yang dibangun adalah wisma Merdeka dan Yudistira

Cara Menuju ke Pura Tirta Empul Tampak Siring

Akses untuk ke lokasi ini jika dari bandara Ngurah Rai akan memakan waktu selama satu jam lima belas menit dengan kendaraan mobil. Saat ke Bali, sempatkan untuk mengunjungi pura yang satu ini yakni Tirta Empul Tampak Siring dan juga istana kepresidenan. Selain akan melihat pemandian yang suci, Anda bisa melihat saksi sejarah bangsa Kita.

Berikan komentarmu: