Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran Bali atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jimbaran Bay adalah spot menarik di Bali yang lokasinya mudah diakses dari bandara Internasional Ngurah Rai. Selain menawarkan panorama yang sangat indah, pantai Jimbaran yang berlokasi di Kabupaten Badung ini dikenal sebagai pasar ikan.

Sejarah Pantai Jimbaran

Selain pesona pantai Jimbaran yang sangat populer di kalangan wisatawan, pantai ini memiliki sejarah penting di masyarakat Bali. Bermula dari kerajaan Klungkung yang dipimpin oleh Ida Dewa Agung Sri Ratu Dalem dan memiliki dua orang istri yaitu Sri Ratu Dalem Putih dan Sri Ratu Dalem Ireng. Sayangnya, dari kedua istrinya tersebut, raja lebih mencintai istri pertama dan mentelantarkan istri kedua yang memiliki dua anak.

Ketika istri kedua keluar dari kerajaan bersama kedua anaknya, dirinya sempat putus asa dan meninggalkan anak pertama, Dalem Putih di hutan. Berkat pertolongan seorang Dukuh Sakti, Dalem Putih tumbuh menjadi sosok yang sakti. Pertemuan kedua kakak adik tersebut berawal dari Dalem Ireng yang mencuri dan dipukul Dalem Putih hingga keduanya menyadari bahwa mereka kakak adik. Sayangnya Dalem Ireng tidak ingin tinggal dengan kakaknya dan lebih suka menggembara.

Akhirnya Dalem Putih tinggal di wilayah Uluwatu Utara dan rakyat bergotong-royong membuka lahan yang dipenuhi hutan tersebut. Kondisi lahan tersebut sangat luas dengan kedua sisinya diapit dua laut. Dari sini, muncul ide menamai Jimbaran atau luas terhampar.

Berbagai aktivitas menarik bisa dinikmati seperti makan malam romantis di berbagai restoran dekat pantai, berbelanja di pasar ikan, menikmati indahnya matahari terbenam hingga bersantai di tepi pantai. Dengan ragam wisata yang ditawarkan, tidak mengherankan jika pantai Jimbaran menjadi destinasi wisata favorit wisatawan di Bali.

Cara Menuju ke Pantai Jimbaran Bali

Untuk bisa sampai di lokasi wisata dan menikmati pesona pantai Jimbaran, bisa ditempuh dari bandara Ngurah Rai yang dilanjutkan dengan mengambil arah Jalan Akses Bandara Ngurah Rai, kemudian belok kiri menuju Jalan By Pass Ngurah Rai dan belok kanan ke arah Jalan Ulun Siwi dan lurus sepanjang 450 meter menuju Jalan Pemelisan Agung.

Dari sini, selanjutnya bisa belok kanan setelah The Open House Bali dan anda akan tiba di pantai Jimbaran yang ada di sisi kiri.

Berikan komentarmu: