Air Terjun Yeh Mampeh

Air Terjun Yeh Mampeh Buleleng tak kalah indah dan menakjubkan dari wisata lainnya di Bali. Yeh Mampeh terletak di Desa Les, Tejakula, Buleleng yang jauh dari hiruk pikuk kota sehingga setiap pewisata dapat menikmati keindahan alam segar dengan jiwa yang tenang. Banyak wisatawan datang hanya untuk sekedar ingin menikmati hawa dingin di tempat yang sejuk ini.

Daya Tarik Air Terjun Yeh Mampeh

Nama Yeh Mampeh berasal dari dua kata yakni ‘Yeh’ yang berarti air dan ‘Mampeh’ yang berarti terbang. Nama ini sesuai dengan kriteria air terjun yang memiliki tinggi sekitar 30 meter dimana guyuran airnya seperti beterbangan. Air yang sangat jernih dan segar, belum lagi latar belakang perbukitan yang asri dan Instagrammable menjadi daya tarik tersendiri dari Yeh Mampeh.

Di bawah air terjun besar Yeh Mampeh pengunjung dapat berenang, mandi,  hingga berendam. Aliran Yeh Mampeh mengalir membentuk sungai kecil bermacam ukuran, menambahnya semakin artistik dan eloknya lokasi wisata ini.

Disekitar air terjun juga terdapat mata air Toya Anakan dimana ini adalah air suci yang biasanya digunakan oleh umat Hindu pada acara yadnya. Area ini masuk kategori kawasan sakral sehingga siapapun yang kesana harus menjaga kelestarian dan kesuciannya. Fasilitas pendukung masih belum maksimal. Sementara ini fasilitas yang mudah ditemui yakni warung atau kedai penjual makanan.

Cara Akses ke Air Terjun Yeh Mampeh

Dari Singaraja, air terjun Yeh Mampeh ini bisa dijangkau ke arah timur sekitar 38km atau sekitar 3 jam perjalanan. Sedangkan jika dari Kuta, maka kisaran jarak tempuhnya adalah 100km. Untuk menuju Yeh Mampeh Anda bisa berjalan kaki sekitar 1,5 km dari tempat parkir. Kondisi jalanan menuju ke obyek wisata ini sudah sangat bagus. Belum lagi disepanjang perjalanan yang disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah.

Setelah memarkir kendaraan Anda di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng pengunjung bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi.

Berikan komentarmu: