Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul Buleleng, warga sekitar biasa menyebut objek wisata ini dengan nama julukan Gerombong atau Pemuatan. Air terjun ini begitu eksotis dengan ketinggian berkisar 100 meter dan merupakan salah satu air terjun yang tertinggi di pulau Dewata Bali.

Daya tarik lainnya, di kawasan sekumpul ini ada tujuh air terjun indah lainnya yang terpisah. Namun sementara ini baru dua lokasi objek air terjun yang dapat diakses sebab lokasinya lumayan dekat. Apabila hendak mengakses lima air tejun lainnya memerlukan usaha ekstra untuk menaklukannya. Dan yang lebih menariknya lagi, sumber mata air kedua air terjun yang beredekatan ini juga ternyata dari sumber air yang berbeda.

Di kawasan ini air terjun di kiri sumbernya adalah mata air. Sedangkan yang di kanan sumbernya dari sungai. Apabila datang musim hujan, debit air di kanan akan berlimpah namun berwarna cokelat keruh. Berbeda dengan yang berada di kiri, mata air yang alami menjadikan airnya tetap jernih meskipun di musim hujan.

Aktivitas di Air Terjun Sekumpul

Karena lokasi objek wisata Air Terjun Sekumpul Buleleng ini tersembunyi di dalam hutan, perjalanan trekking menuju lokasi menjadi kegiatan yang menantang bagi semua orang yag ingin melihat keindahan air terjun ini. Beberapa rumah masyarakat lokal yang masih traditional akan menjadi salah satu hal yang menarik untuk dilihat selama trekking. Selain itu, pemandangan terasering sawah dan perbukitannya yang hijau akan memanjakan mata wisatawan.

Lokasi dan Cara Menuju ke Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul Buleleng sesuai namanya yang berada di Kabupaten Buleleng, Kecamatan Sawan, Desa Sekumpul, Provinsi Bali. Lokasi air terjun ini berjarak kira-kira 76 kilometer dari ibukota Bali yaitu Denpasar. Apabila melakukan perjalanan dari Singaraja, maka jarak menuju air terjun ini kira-kira 20 kilometer.

Menuju lokasi Air Terjun Sekumpul Buleleng wisatawan harus melewati kontur jalan yang naik turun dan berbelok. Jalanannya berupa jalan kecil setapak dan sempit. Terdapat plang petunjuk di kanan jalan pada lokasi pertigaan. Ikuti jalanan kecil itu sejauh 1 kilometer sampai tiba di lahan parkir.

Berikan komentarmu: