Alun Alun Kidul Yogyakarta

0 (0 reviews)
Taman Bermain/Rekreasi

Wisata malam Alun Alun Kidul merupakan salah satu hal yang wajib dicoba ketika mengunjungi Yogyakarta. Alun Alun Kidul yang artinya Alun Alun Selatan ini terletak di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama masa pandemi, Alun Alun Kidul tetap bisa dinikmati dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Alun Alun buka selama 24 jam dan gratis.

Untuk bisa sampai ke sana, pengunjung cukup menuju ke arah selatan dari Malioboro melewati nol kilometer, Alun Alun Lor, dan mengikuti Jalan Wijilan. Jalan tersebut bisa dilalui dengan kendaraan pribadi, andong, ataupun becak.

Alun Alun Kidul yang juga dikenal dengan nama Alun Alun Pangkeran berada di dalam Benteng Keraton. Dahulu sekali, area seluas 150×150 meter ini sebenarnya dahulu sekali adalah tempat berlatih prajurit keraton. Namun, setelah dibuka untuk umum, Alun Alun tersebut beralih fungsi menjadi tempat wisata dengan berbagai macam hiburannya.

Wisata Malam Alun Alun Kidul Yogyakarta

Meskipun buka selama 24 jam, alun-alun ini sangat ramai ketika menjelang petang hingga sore hari. Pada waktu-waktu tersebut, suasana yang ada di sana begitu tenang dan nyaman. Berbagai wisata kuliner dan juga wisata rekreasi juga baru mulai beroperasi ketika malam tiba. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Masangin

Salah satu hal yang terkenal di Alun Alun Kidul adalah masangin. Masangin merupakan kegiatan berjalan melewati dua beringin besar dengan mata tertutup.

Konon, hanya orang dengan hati bersih yang bisa berjalan melewati kedua beringin tersebut dengan lurus. Untuk dapat mencobanya, pengunjung bisa membawa penutup mata sendiri atau menyewa penutup mata dengan harga Rp5.000.

  1. Kereta Hias

Untuk memudahkan pengunjung dalam mengelilingi alun alun, di sana terdapat persewaan sepeda tandem, becak mini, andong, dan sebagainya. Kendaraan tersebut dilengkapi dengan hiasan lampu dan sound.

Kendaraan tersebut bisa disewa dengan harga Rp20.000-Rp60.000. Jika ingin mengabadikan momen tersebut, di sana juga terdapat jasa fotografer yang sudah berpengalaman.

  1. Kuliner Malam Hari

Ada berbagai macam makanan dan minuman yang dijajakan di Alun Alun Kidul Yogyakarta. Kebanyakan, kuliner di sana bisa dinikmati secara lesehan sebagaimana kuliner Yogyakarta kebanyakan.

Tidak perlu khawatir dengan harga kuliner di sana karena selain memanjakan lidah, harga yang ditawarkan cukup murah. Salah satu kuliner yang paling banyak diburu adalah wedang ronde dan bajigur.

Biaya Wisata Malam Alun Alun Kidul Yogyakarta

Meskipun tidak ada tiket masuk, tetapi diperlukan biaya untuk berwisata di Alun Alun Kidul. Di antaranya untuk menyewa kendaraan, menyewa penutup mata, dan juga menikmati kuliner di sana.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, diperlukan biaya untuk membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Apabila Anda menginginkan untuk menginap di daerah sekitar Alun Alun Kidul, di sana juga terdapat banyak penginapan. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dengan fasilitas yang dimiliki.

Meskipun begitu, wisata malam Alun Alun Kidul tetap tidak menghabiskan ongkos yang begitu banyak karena Yogyakarta terkenal dengan wisata berharga terjangkau.

Maps

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply