Kain Songket

Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh ini!

Berlokasi di Nusa Tenggara, Lombok menampilkan sisi keindahan pesona alam yang sangat memukau dari gunung sampai pantainya. Tak hanya pesona wisatanya yang menggoda, beragam oleh-oleh Lombok mulai dari kuliner, kerajinan dan berbagai benda unik khas Lombok juga kerap menjadi langganan ekspor.

Menarik bukan? Nah, apakah Kamu mulai tertarik untuk menikmati pesona keindahan alam Lombok dan pulang membawa oleh-oleh Lombok?

Oleh-Oleh Lombok yang Harus Kamu Bawa Pulang

Jika Kamu saat ini sedang berencana atau tengah ada di pulau kediaman suku Sasak, maka pastikan untuk pulang dengan membawa buah tangan. Banyak oleh-oleh Lombok yang dijual diberbagai kawasan wisata di Lombok yang bisa Kamu bagikan kepada orang terdekat ketika pulang. Berikut beberapa oleh-oleh Lombok yang direkomendasikan:

1. Mutiara Lombok

Selain dikenal karena wisatanya, Lombok juga dikenal sebagai penghasil mutiara. Jadi tak heran jika banyak wisatawan yang pulang dengan membawa mutiara sebagai buah tangannya. Konon bahkan wisatawan yang pulang tanpa membawa mutiara Lombok sebagai buah tangan, maka liburannya ke Lombok belum sah.

Sebagai daerah penghasil mutiara, sudah pasti ada banyak mutiara yang diperjualbelikan disini. Mulai dari mutiara asli sampai yang tiruan, mulai dari harga yang selangit sampai harga yang murah meriah. Namun, meski begitu, kualitas mutiara disini tentulah berbeda jika dibanding di tempat lain.

Warnanya juga beragam mulai kuning keemasam, hitam, coklat dan putih. Salah satu jenis mutiara yang dibudidayakan di Lombok adalah “South Sea Pearl”. Mutiara jenis ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mutiara air tawar.

2. Kain Tenun Ikat

Siapa yang tak kenal dengan kain tenun ikat khas suku Sasak. Ya, bagi penduduk asli Lombok, menenun sudah menjadi bagian hidupnya. Karena itulah, kualitasnya tidak perlu diragukan.

Salah satu tempat di Lombok yang bisa Kamu datangi untuk menemukan kain tenun ini ada di desa Pringgasela, Lombok Timur. Disini Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk yang bervariasi mulai dari syal, sarung dan juga lembaran kain. Masalah harga sudah pasti bervariasi.

Kain Tenun Lombok (Foto: qoryannisawicita.com)

3. Kain Songket

Selain kain tenun ikat, adapula songket khas Sasak yang merupakan pakaian adat tradisional untuk suku Sasak. Kain dengan ciri hiasan timbul yang terbuat dari benang perak, emas dan katun ini memiliki corak yang beragam dengan warna yang cantik menggoda.

Kain songket ini bisa dibeli langsung ke penenun yang ada Lombok Tengah tepatnya di Desa Sukarara. Selain lembaran kain, disini Kamu juga bisa menemukan beragam hasil songket mulai dari pashmina, taplak meja, syal sampai sarung. Harganya beragam tergantung dari corak dan motifnya. Namun secara umum harga perlembar kain songket dibanderol mulai Rp. 200.000.

Kain Songket
Kain Songket (Foto: etniknusantara.com)

Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Palembang

4. Madu Sumbawa

Sebelah timur Pulau Lombok tepatnya di Sumbawa adalah salah satu daerah penghasil madu terbaik yang ada di Indonesia. Kamu bisa menemukan dua jenis madu disini yakni yang bewarna putih dan juga kuning kecoklatan. Tak hanya rasanya yang lezat, konon madu Sumbawa juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Madu Sumbawa memang berasal dari Pulau Sumbawa, meski begitu oleh-oleh satu ini seringkali dicari oleh wisatawan Lombok.

5. Dodol Rumput Laut

Sebagai destinasi bahari, Lombok memiliki banyak pantai yang digunakan sebagai lokasi budidaya rumput laut. Nah, rumput laut inilah yang kemudian diolah menjadi jajajan khas Lombok, dodol rumput laut.
Oleh-oleh Lombok satu ini sangatlah terkenal sehingga Kamu bisa mendapatkannya hampir disemua toko oleh-oleh khas Lombok. Sebenarnya ada banyak merek dari jajanan ini, namun satu merek yang sangat populer disini yakni dodol dari Phoenix Food.

Dodol Rumput Laut
Dodol Rumput Laut (Foto: http://phoenixfood.co.id)

Informasi lengkap tempat wisata di Indonesia

Sudahkah terpikirkan untuk membeli oleh-oleh Lombok yang mana untuk keluarga? Selain 5 oleh-oleh yang direkomendasikan diatas, ada beberapa oleh-oleh lainnya yang juga bisa Kamu pilih seperti abon ikan asin, kerajinan tangan khas Lombok, kopi Lombok, susu kuda liar, manisan tomat, kacang mete, dan terasi Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *