Asian Games

6 Fakta Menarik Asian Games 2018

ASIAN Games kali ini memberikan kesan yang begitu mendalam bagi Indonesia, sebab untuk kesekian kalinya Indonesia dinobatkan menjadi tuan rumah ajang yang paling bergengsi di tahun 2018 kali ini. Tentunya, berbagai persiapanpun dilakukan dengan matang untuk menyongsong pesta olahraga yang akan diikuti oleh 45 negara dan tergabung dalam Olympic Council of Asia. Namun dibalik itu ada fakta menarik ASIAN Games yang jarang diketahui lho.

Asian Games
Asian Games (Foto: https://en.asiangames2018.id)

Dalam perayaan yang rencananya akan diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 ini ternyata juga memiliki berbagai fakta menarik ASIAN Games yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas dan berikut beberapa fakta tersebut:

1. Siapa sangka jika Vietnam seharusnya menjadi tuan rumah

Salah satu fakta menarik ASIAN Games yang mungkin tidak banyak Anda tahu adalah bahwa seharusnya pada pesta olahgara kali ini, yang menjadi tuan rumah adalah Vietnam, tepatnya di Hanoi. Hal ini terjadi setelah Vietnam mampu mengalahkan dua saingan beratnya yaitu Dubai dan Surabaya dalam pemungutan suara tahun 2012 silam. Sayangnya, di tahun 2014, Vietnam mengundurkan diri sehingga Olympic Council of Asia memilih Indonesia untuk menggantikannya.

2. Berawal dari Surabaya hingga pindah ke Jakarta serta Palembang

Sebelumnya Indonesia memutuskan untuk menjadikan Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan ASIAN Games, mengingat kemenangannya Surabaya setelah Hanoi di tahun 2012. Akan tetapi, fakta menarik ASIAN Games menyebutkan bahwa Surabaya mengundurkan diri sebab di tahun 2021 mendatang kota Pahlawan tersebut akan menjadi tuan rumah ASIAN Youth Games 2021.

3. Pertama kali diadakan pada dua kota

Disebutkan dalam fakta menarik ASIAN Games bahwa untuk pertama kalinya, ajang bergengsi di tahun 2018 kali ini diadakan di dua kota sekaligus. Bagi Jakarta, ini adalah kesekian kalinya setelah terakhir kalinya dipilih sebagai tuan rumah pada 1962 dan bagi Palembang hal ini adalah untuk pertama kalinya.

Meskipun mayoritas akan berfokus pada dua kota ini, beberapa pertandingan juga akan dilakukan di beberapa kota besar lainnya, seperti Stadion Pakansari yang ada di Bogor, Stadion Jalak Harupat Bandung serta Stadion Bending Rentang yang ada di Majalengka.

Baca juga: 7 Rekomendasi Objek Wisata di Jakarta Terbaik Untuk Keluarga

4. Diikuti 45 Negara

Meskipun tidak semua negara yang berada di benua Asia ikut, namun dapat dipastikan ada 45 negara yang akan menjadi peserta Asian Games 2018 di Indonesia.

5. Munculnya 10 cabang olahraga baru yang dipertandingkan

Terkait dengan fakta menarik ASIAN Games selanjutnya adalah munculnya 10 cabang olahraga baru yang nantinya akan dipertandingkan. Beberapa cabang tersebut diantaranya adalah roller-skate serta skateboarding, jet ski, bridge, climbing, 3 on 3 basketball, sambo, pencak silat, kurash dan jitsu. Menariknya lagi, dalam ASIAN Games 2018 kali ini juga dipertandingkan eSports dan juga Kano Palo.

6. Ada tiga maskot unik dan menarik di ASIAN Games 2018

Hal menarik dari fakta menarik ASIAN Games adalah adanya tiga maskot lucu dan menarik yang dikenal dengan sebutan Atung, Bhin Bhin dan Kaka. Ketiga maskot tersebut ternyata memiliki makna tersendiri. tidak mengherankan jika setiap maskot memiliki ciri khas yang unk dan menarik dari pakaian hingga bentuknya.

Atung merupakan seekor rusa bawean yang merepresentasikan kekuatan dan mengenakan pakaian tradisional khas Palembang. Selain itu ada juga Bhin Bhin yang merupakan seekor burung cenderawasih yang mengenakan rompi asmat dan melambangkan startegi serta Kaka adalah badak bercula satu yang berpakaian khas Palembang dan merepresentasikan suatu kekuatan.

Maskot Asian Games
Maskot Asian Games (Foto: uzone.id)

Merupakan suatu kehormatan besar bagi Palembang dan Jakarta yang dinobatkan menjadi tuan rumah ASIAN Games 2018 kali ini. tentunya, hal ini juga tidak terlepas dari ragam fakta menarik ASIAN Games yang menarik perhatian beberapa pihak termasuk dari mulai persiapannya hingga munculnya tiga maskot unik yang merepresentasikan berbagai hal. Dengan diselenggarakannya ASIAN Games kali ini, diharapkan setiap atlet mampu berprestasi dalam meraih kemenangan.

Baca juga: 10 Destinasi Bali Baru yang Wajib Dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *