Pantai Pok Tunggal

Mudik Ke Yogyakarta, Wajib Mampir Ke 7 Pantai Eksotis Ini!

Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia yang tidak pernah sepi turis setiap kali musim liburan. Ada banyak destinasi yang ditawarkan Yogyakarta untuk membuat liburan Anda menjadi menyenangkan, salah satunya adalah wisata pantai. Lokasi geografis Yogyakarta yang berbatasan dengan Samudera Hindia, menjadikan sepanjang wilayah selatan diisi dengan pantai-pantai eksotis yang wajib untuk dikunjungi. Ini dia 7 pantai paling keren yang ada di Yogyakarta.

1. Pantai Indrayanti

Kawasan pantai Gunung Kidul berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Jogja. Untuk mencapai ke lokasi tersebut direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan bisa motor ataupun mobil pribadi maupun kendaraan sewa yang dapat Anda peroleh di Yogyakarta. Salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi wisatawan dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap adalah Pantai Indrayanti. Anda dapat menemukan penginapan dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 100.000-an per malam.

Karcis wisata masuk ke pantai Gunung Kidul berlaku terusan, artinya Anda sudah bisa masuk ke semua pantai di wilayah Gunung Kidul dengan hanya membayar satu karcis wisata senilai Rp 10,000. Sedangkan untuk biaya parkir, hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Pantai Indrayanti
Keindahan Pantai Indrayanti (foto:aditamatours.com)

2. Pantai Pok Tunggal

Untuk bisa mencapai Pantai Pok Tunggal memang dibutuhkan usaha yang lebih menantang dibandingkan dengan Indrayanti. Diwarnai dengan jalan yang kecil dan berbatu sehingga pantai ini tidak begitu ramai dikunjungi orang. Karena itu pantai ini cocok bagi Anda yang tidak suka dengan tempat ramai. Anda dapat menikmati suasana sunyi, sambil melihat indahnya hamparan pasir putih dan air laut yang bening

Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal (foto: https://lookjogja.blogspot.com)

3. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu adalah salah satu pantai tersembunyi yang diapit oleh dua bukit di sisi kanan kirinya. Perjalanan dari kota Jogja membutuhkan waktu sekitar 2 jam lewat jalur Jogja – Imogiri – Panggang. Selain memiliki pemandangan pantai bak pantai pribadi karena tempatnya yang sepi, kadang lahan di Pantai Wohkudu ini juga digunakan untuk berkemah. Pasir pantainya berwarna kecokelatan terhampar di sepanjang pantai, meskipun garis pantai yang tidak terlalu panjang, ada banyak batu karang yang bisa jadi spot foto seru liburan Anda.

Pantai Wohkudu
Berkemah di Pantai Wohkudu (foto: https://www.federaloil.co.id)

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibawa

4. Pantai Drini

Pantai Drini adalah pantai dengan pasir putih dilengkapi dengan air laut yang bening dan bisa terlihat dasarnya. Di seberang pantai terdapat sebuah pulau yang bisa diseberangi tanpa harus menggunakan perahu karena pantainya yang tidak dalam. Di sekitar Pantai Drini sudah tersedia beberapa penginapan sederhana dengan harga yang sangat murah per malamnya.

Pantai Drini
Pantai Drini (foto: https://kabarwisata.com)

5. Pantai Wedi Ombo

Pantai ini memiliki kolam alami yang dikelilingi oleh batu alam sehingga bagi Anda yang ragu ingin bermain air di laut dengan ombak pantai selatan, menceburkan diri ke kolam alami di pantai ini bisa jadi pilihan alternatif. Lokasinya Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo yang tidak jauh dari lokasi Pantai Siung. Di sekitar Pantai Wedi Ombo sudah ada beberapa penginapan dengan harga yang menengah seperti misalnya Joglo Wedi Ombo dan Pondok Lembah Bukit.

Sunset di Pantai Wedi Ombo
Sunset di Pantai Wedi Ombo (foto: https://jpswisata.com/)

6. Pantai Timang

Jika Anda suka kegiatan yang menantang, Pantai Timang adalah objek wisata pantai di Yogyakarta yang tepat. Dari medan untuk menuju lokasinya saja sudah menantang yang dipenuhi dengan batu dan jalan yang terjal. Sampai di sana Anda bisa menantang diri lebih jauh dengan menyeberang ke Pulau Timang dengan menggunakan kereta yang ditarik secara manual menyeberangi ombak kencang yang menantang sekaligus menegangkan.

Kereta Gantung Pantai Timang
Kereta Gantung Pantai Timang (foto: https://ngetripyuk.id/)

7. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai di mana Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik, naik kereta kuda atau ATV untuk keliling pantai, menikmati jagung bakar yang nikmat sambil ngopi. Bisa juga geser sedikit ke Bukit Parangndog untuk mencoba paragliding dan menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Akses menuju Pantai Parangtritis sudah mudah, banyak fasilitasnya termasuk penginapan sederhana hingga villa.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis (foto:https://koswisata.blogspot.com)

Baca juga: 5 Pasar Terapung di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *