Gunung Rinjani

Ini Dia 6 Surga Tersembunyi Di Indonesia

Saatnya untuk menjadwalkan liburan Anda selanjutnya, mau ke mana sekarang? Indonesia punya banyak sekali objek wisata yang menawan dan bisa menjadi surga dunia baik untuk wisata kuliner, wisata wahana, dan juga wisata alam. Berikut ini adalah 6 lokasi wisata yang jadi surga tersembunyinya Indonesia untuk bisa jadi referensi Anda di liburan selanjutnya.

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah wilayah yang terletak di bagian ujung Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur dengan objek wisata yang populer adalah untuk melihat secara langsung kehidupan komodo di habitat aslinya. Namun selain bisa melihat komodo secara langsung, Labuan Bajo juga punya banyak pantai super indah yang pantas dijuluki sebagai surga tersembunyinya Indonesia. Misalnya Gili Laba di mana Anda bisa melihat pemandangan hamparan pantai dan gugusan pulau dari ketinggian bukit yang seperti foto kartu pos. Pulau Kanaka juga punya pantai yang terkenal keindahannya. Air laut yang bening bahkan membuat perahu di permukannya tampak seperti mengambang.

Pulai Padar di Labuan Bajo
Pulai Padar di Labuan Bajo (foto:http://www.beritamoneter.com)

2. Kepulauan Kei

Kepulauan Kei adalah bagian dari Kepulauan Maluku dengan deretan objek wisata pantai yang keindahannya kelas internasional. Pasir putih, dengan warna laut yan hijau kebiruan dan bening, serta masih jauh dari hiruk pikuk keramaian ini bisa jadi surga liburan Anda dan jadi pengalaman tak terlupakan. Beberapa pantai yang populer antara lain adalah Pantai Panjang dengan pasir pantai putih yang selembut tepung. Ada juga Pulau Baer juga bisa jadi destinasi wisata yang Anda kunjungi. Letaknya ada di sebelah utara kawasan Kei dan bisa ditempuh dengan menggunakan speedboat. Tidak jauh dari Pulau Baer ada Pulau Adranan yang biasanya dijadikan tempat wisata untuk makan siang.

Pantai Ngurtafur di Kepulauan Kei
Pantai Ngurtafur (foto:http://www.dantoadityo.com)

3. Raja Ampat

Ini dia yang beberapa waktu lalu sempat membuat para traveler buru-buru ingin berkemas dan menuju ke lokasi. Adalah Raja Ampat yang merupakan gugusan kepulauan di wilayah paling timur Indonesia. Keindahan garis-garis pantai dan juga laguna-laguna yang tersembunyi tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Pemandangan pantai super indah dengan air laut yang bening dan hamparan pasir putih memang jadi andalan untuk wisata pantai di kawasan timur Indonesia. Anda bisa snorkeling, diving, atau naik perahu untuk menuju pulau ke pulau dan masuk ke dunia lain yang tidak ada pernah Anda lihat sebelumnya.

Raja Ampat
Piaynemo di Raja Ampat (foto:https://www.anadventurousworld.com)

Baca juga: 5 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

4. Puncak B30

Dikenal dengan nama Puncak di atas awan B30 adalah puncak tertinggi Bromo yang berada di ketinggian 3.000 mdpl sehingga ketika berada di atas Anda akan berada lebih tinggi daripada awan-awan. Waktu terbaik untuk naik ke Puncak B30 adalah ketika menjelang matahari terbenam karena pemandangan sunset yang super indah dengan semburat sinar kemerahan dari balik awan, tapi bagi sunrise hunter tempat ini juga ga kalah menarik untuk menikmati matahari terbit.

Untuk menuju Puncak B30 ini Anda bisa masuk ke taman nasional Bromo Tengger dari Probolinggo atau Lumajang karena letaknya yang ada di perbatasan dua kabupaten ini. Jika sudah sampai di Desa Argosari, disarankan untuk menggunakan ojek mengingat jalur pendakian yang cukup jauh. Jangan lupa, persiapkan baju hangat Anda untuk traveling ke sini.

5. Kawah Ijen

Kawah gunung yang diisi dengan air hingga menjadi danau adalah hal yang biasa, namun bagaimana jika isi dari danau tersebut adalah air dengan kandungan asam yang tinggi sehingga berbahaya bagi makhluk hidup? Meski kandungan airnya berbahaya, kawasan ini tetap aman sebagai objek wisata untuk dinikmati pemandangannya. Kawah Ijen terletak di puncah Gunung ijen dan merupakan salah satu kawah danau asam paling besar di dunia. Uniknya, menjelang subuh di sekitar kawah akan muncul fenomena blue fire alias yang saat ini di dunia hanya ada dua yaitu di Ijen dan satunya lagi di Islandia.

Kawah Ijen
Kawah Ijen (foto: http://www.suzieagelopoulos.com)

6. Gunung Rinjani

Jika berbicara soal gunung yang jadi favoritnya para pendaki, Rinjani tidak pernah absen disebutkan. Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang terletak di Lombok dengan ketinggian 3.726 mdpl menjadikannya gunung berapi paling tinggi nomor dua di Indonesia. Rinjani punya pemandangan yang sangat indah, terutama Danau Segara Anak yang terletak di ketinggian 2.010 mdpl dan bisa ditempuh selama 7-10 jam pendakian.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani (foto: https://www.antarkita.com)

Baca juga: 5 Gunung di Indonesia yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *