Pagoda Avalokitesvara

Ingin Berlibur ke Semarang? Kunjungi 6 Tempat Wisata Semarang ini!

Semarang adalah kota terbesar di Provinsi Jawa Tengah yang juga merupakan ibukota provinsi. Jadi bisa dipastikan ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota ini. Jika Anda hendak berlibur ke sana, inilah 6 tempat wisata Semarang yang wajib dikunjungi.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah ikon kota Semarang yang wajib Anda kunjungi. Lawang Sewu adalah bangunan lawas yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1904. Gedung ini dibangun sebagai kantor perkeretaapian Belanda yang kemudian diambil alih oleh PT Kereta Api Indonesia setelah Indonesia meraih kemerdekaan hingga saat ini.

Gedung ini diberi nama Lawang Sewu yang berarti Pintu Seribu berdasarkan banyaknya jumlah pintu dan jendela tinggi yang menyerupai pintu. Arsitekturnya yang kuno serta adanya penjara bawah tanah yang suram membuat Lawang Sewu terkenal akan rumor keangkerannya. Apalagi gedung ini pernah masuk ke dalam acara misteri yang ditayangkan TV Nasional. Namun jangan sampai rumor ini menyurutkan niat Anda berkunjung ke sana karena Lawang Sewu sekarang ini sudah menjadi museum kereta api yang sayang jika dilewatkan.

lawang sewu
Salah satu sudut Lawang Sewu (Foto: instagram.com/bagusarioe)

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia dengan luas area seluas kurang lebih 7.500 meter persegi. Saking besarnya masjid ini mampu menampung jamaah hingga 16000 orang. Fasilitas masjid ini cukup lengkap mulai dari museum perkembangan Islam hingga hotel tempat menginap para wisatawan dari luar kota. Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki arsitektur yang cukup unik dengan perpaduan tiga budaya yaitu budaya Islam, budaya Jawa, dan budaya Romawi kuno.

Masjid Agung
Megahnya Masjid Agung Semarang (Foto: instagram.com/ardy_putra)

3. Klenteng Sam Po Kong

Anda mungkin pernah mendengar legenda laksamana termasyhur dari Cina bernama Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho mendarat di Semarang pada abad ke-15 yang kemudian menyebarkan ajaran agama Islam dengan area klenteng sebagai masjid tempat laksamana bersembahyang.

Meskipun sekarang sudah tidak lagi dijadikan masjid namun klenteng tempat beribadah umat Kong Hu Chu, masih banyak orang dari umat agama lain yang datang ke Klenteng Sam Po Kong untuk mengenal perjalanan Laksamana Cheng Ho. Anda wajib mengunjungi klenteng ini untuk melihat keindahan arsitekturnya serta kegagahan patung Laksamana Cheng Ho yang terletak di depan klenteng.

klenteng sam po kong
Patung Laksamana Cheng Ho (Foto: panoramio.com)

Baca juga: 5 Tempat Wisata Di Aceh yang Wajib Kamu Tahu

4. Kawasan Kota Lama

Jika Anda hobi fotografi, Anda wajib mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Di kawasan ini terdapat banyak gedung lawas peninggalan kolonial Belanda yang sangat cocok dijadikan objek foto. Stasiun Tawang, Polder Air Tawang, Gereja Blenduk adalah beberapa gedung ikonik di kawasan ini. Waktu yang paling tepat mengunjungi kawasan ini adalah pada malam hari dimana lampu-lampu yang menerangi jalan membuat kawasan ini terlihat eksotik dan memesona.

Gereja Blenduk
Salah satu bangunan di Kawasan Kota Lama (Foto: instagram.com/galihwwardhana)

5. Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong adalah tempat ibadah umat Buddha yang juga terbuka bagi umum dan terletak di jalan raya Semarang-Solo. Di area vihara terdapat satu pagoda tertinggi di Indonesia yaitu Pagoda Avalokitesvara. Pagoda ini merupakan ikon vihara dengan tinggi 45 meter yang terdiri dari 7 tingkat. Di setiap tingkat terdapat patung Buddha, patung Dewi Kwan Im, dan patung-patung lain yang menjadi panutan umat Buddha.

Pagoda Avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara (Foto: instagram.com/arseniosky16)

6. Air terjun Kali Pancur

Jika Anda menggemari wisata alam, Anda wajib mengunjungi Air Terjun Kali Pancur. Ketinggian air terjun ini adalah 150 meter yang dikelilingi pohon-pohon rimbun. Namun untuk menuju ke lokasi, Anda harus bersiap mendaki 900 anak tangga.

Air terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur (foto: instagram.com/yoyok_avenez)

Itulah 6 tempat wisata Semarang yang wajib dikunjungi selama berada di ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Selamat berlibur!

Baca juga: 5 Kegiatan Seru saat Liburan ke Pantai

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *