Pempek

7 Oleh-Oleh Khas Palembang

Untuk tahun 2018 kali ini, Palembang dinobatkan sebagai tuan rumah ajang bergengsi se-Asia yang dikenal dengan sebutan ASIAN Games 2018. Tentunya, untuk anda yang sengaja datang ke kota ini dalam rangka menyaksikan ragam pertandingan olahraga yang dipertandingkan, tidak ada salahnya jika singgah di beberapa tempat untuk berburu berbagai oleh-oleh Palembang yang pastinya sangat cocok untuk diberikan kepada keluarga tercinta di rumah. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Palembang yang perlu anda dapatkan:

1. Kemplang

Dibuat dari ikan laut, kerupuk yang memiliki cirri khas ini sangat lezat dan pastinya bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Palembang untuk keluarga. Rasanya yang renyah dengan tesktur yang sedikit kasar ini sangat cocok untuk dijadikan camilan di saat santai. Uniknya lagi, ada juga yang dibakar pada bara api, sehingga akan menimbulkan aroma yang sangat khas. Pastikan untuk mendapatkan kemplang ikan tenggiri untuk camilan lezat dan nikmat.

Kemplang
Kemplang (Foto: http://albarrakulinerkhaspalembang.blogspot.com)

2. Lempok Durian

Bagi anda pecinta durian, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh khas Palembang yang dikenal dengan sebutan lempok durian. Oleh-oleh yang memiliki bentuk serupa dengan dodol ini dibuat dari durian yang dicampur dengan gula. Pembuatan kuliner yang satu ini masih menggunakan cara tradisional, sehingga rasanya yang sangat khas akan selalu terjaga dari masa ke masa.

Lempok Durian (Foto: http://www.santapsedap.com)

3. Kue Maksuba

Dikenal sebagai kue lapisnya khas Palembang, oleh-oleh khas Palembang yang satu ini sering kali disajikan kepada para tamu di acara tertentu. Sering kali kue ini banyak ditemukan pada beberapa acara seperti lebaran, pernikahan dan lain sebagainya. Dalam pembuatannyapun bisa dibilang sangatlah rumit dan membutuhkan berbagai bahan tertent seperti telur bebek dan lain sebagainya. Tidak mengherankan jika aroma dan rasanya sungguh lezat.

Kue Maksuba
Kue Maksuba (Foto: http://kulapislegit.blogspot.com)

Baca juga: 6 Fakta Menarik Asian Games 2018

4. Kue Delapan Jam

Sesuai dengan nama yang disandangnya, oleh-oleh khas Palembang yang dikenal dengan sebutan kue delapan jam ini memang dibuat dalam waktu delapan jam. Dengan memanfatkan bahan baku yang sama dengan kue matsuba, kue tradisional ini dibuat dengan cara dikukus dan semakin lama anda mengkukus kue tersebut, maka semakin lezat pula cita rasa yang dihasilkan olehnya. Dahulu, kue ini hanya dinikmati oleh kaum bangsawan dan kini bisa dimakan oleh semua orang.

Kue Delapan Jam
Kue Delapan Jam (Foto: bolasport.com)

5. Pecah Seribu

Kerupuk lain yang menjadi oleh-oleh khas Palembang selain kemplang adalah pecah seribu yang dikenal memiliki ragam cita rasa yang lezat. Jenis kurupuk yang dibuat dengan menggunakan ikan ini memiliki berbagai macam rasa. Salah satu keunikan dari kerupuk ini adalah penampilannya yang menyerupai mangkok dan proses penggorengannya yang juga bisa dibilang menarik hingga menghasilkan kerupuk yang enak disantap bersama tekwan dan nasi.

6. Ikan Salai

Untuk oleh-oleh khas Palembang yang satu ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Dikenal dengan sebutan ikan salai, jenis oleh-oleh yang berupa ikan asap mirip dengan ikan cakalang ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan lezat. Untuk bahan pembuatan ikan salai ini diantaranya adalah ikan baung, ikan patin dan ikan gabus yang kemudian diolah sedemikian rupa. Untuk penyajiannya anda bisa mengolahnya dengan menggunakan bumbu pindang atau digoreng hingga garing.

Ikan Salai
Ikan Salai (Foto: http://makanankhasmelayuriau.blogspot.com)

7. Pempek

Tidak ketinggalan oleh-oleh khas Palembang yang sudah mendunia ini banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Palembang. Dianggap sebagai menu wajib yang harus dicicipi ketika berkunjung ke Palembang, pempek juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga saat anda berkunjung ke Palembang. Salah satu pempek yang paling terkenal adalah pempek candy.

Pempek
Pempek (Foto: pempekselamat.com)

Baca juga: 7 Tempat Wisata Populer Di Palembang

Banyak sekali ragam oleh-oleh khas Palembang yang bisa dijadikan sebagai pilihan ketika anda berkunjung ke Palembang untuk menyaksikan pertandingan ASIAN Games 2018 nanti. Pastikan anda menyiapkan budget yang cukup untuk memborong berbagai oleh-oleh tersebut untuk diberikan kepada keluarga tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *