Pura Ulun Danu

5 Pura Favorit di Bali yang Wajib Dikunjungi

Selain pantai  yang diketahui oleh orang-orang, Bali juga terkenal akan adat dan budaya lokal. Salah satu bukti bahwa adat dan budaya masih melekat di Bali yaitu pura, selain menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu, pura juga sering dijadikan sebagai tempat wisata. Berikut terdapat 5 pura di Bali yang sering dikunjungi:

1. Pura Besakih, Karangasem

Pura Besakih yang juga sering disebut dengan nama Pura Agung Besakih terletak di Desa Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali. Pura Besakih merupakan komplek pura terbesar di Bali terdiri dari 1 Pura Pusat yaitu Pura Penataran Agung Besakih dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Selain budaya yang menarik para wisatawan, pemandangan matahari terbit dan terbenam sangat indah dilihat dari Pura Besakih, karena pura ini terletak tepat di lereng Gunung Agung.

Pura Besakih
Pura Besakih (Foto: instagram.com/rzkirinaldihadid)

2. Pura Tanah Lot, Tabanan

Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut yang sering dikunjungi para wisatawan untuk melihat keindahan matahari terbenam atau sunset. Pura Tanah Lot berada sekitar 300 meter dari bibir pantai ini terletak di kabupaten Tabanan, Bali. Kamu juga dapat melihat seekor ular laut yang dipercaya telah berusia ratusan tahun dan sebagai penjaga pura di dalam goa.

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot dan pemandangan laut (Foto: instagram.com/rzkirinaldihadid)

Baca juga: 5 Kepulauan Terindah di Indonesia yang Wajib Diketahui!

3. Pura Uluwatu, Badung

Seperti pura Bali lainnya, Pura Uluwatu juga sering termasuk paket wisata yang wajib di kunjungi. Pura Uluwatu yang berada di wilayah desa Pecatu, Badung atau terletak  pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut ini juga disebut dengan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari sembilan mata angin. Selain itu, tepat di bawah Pura Uluwatu, terdapat Pantai Pecatu yang sering digunakan untuk surfing.

Pura Uluwatu
Pura Uluwatu yang terletak diatas tebing (Foto: sekarjepun.com)

4. Pura Ulun Danu Bratan, Tabanan

Pernah lihat gambar yang di uang lima puluh ribu rupiah yang biru itu? Iya, itu adalah gambar Pura Ulun Danu yang terletak di tepi barat laut Danau Bratan, kawasan Bedugul, Tabanan. Kompleks Pura Ulun Danu dibangun sekitar tahun 1633 yang digunakan untuk upacara persembahan untuk Dewi Danu. Selain iklim yang dingin, pemandangan gunung dan danau menarik para wisatawan untuk mengunjungi Pura Ulu Danu ini.

Pura Ulun Danu
Pemandangan Pura Ulun Danu (Foto: instagram.com/rzkirinaldihadid)

5. Pura Tirta Empul, Tampaksiring

Pura Tirta Empul terletak di kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar memiliki sebuah kolam dengan 30 pancuran,  air dari kolam ini digunakan sebagai tempat mandi untuk penyucian diri. Di lingkungan pura ini juga terdapat Istana Tampaksiring, yaitu Istana Kepresidenan yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Pura Tirta Empul
Pancuran air di kolam Pura Tirta Empul (Foto: supandita.wordpress.com)

Baca Juga: 5 Makanan Khas Indonesia

Dari kelima pura yang di Bali, mana yang menjadi favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *