Geplak

5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibawa

Rugi rasanya jika sudah sampai Yogyakarta, namun tidak membawa oleh-oleh khas kota gudeg ini. Ya, selain menawarkan tempat-tempat wisata yang unik dan mempesona, kota yang terkenal ramah penduduknya ini mempunyai banyak makanan khas yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini beberapa oleh-oleh yang wajib Anda beli saat akan meninggalkan kota budaya ini:

1. Bakpia

Siapa yang tidak kenal bakpia? Makanan berbentuk bulat pipih, berisi kumbu kacang hijau, dan dimasak dengan cara dipanggang ini memang sudah sangat terkenal. Saat ini, bakpia semakin memberikan inovasinya dengan berbagai variasi isi. Selain kacang hijau, disediakan juga isi keju, coklat, durian, dan sebagainya. Tentu saja, semua tetap mengusung rasa manis sebagai khas dari makanan ini. Anda bisa membeli makanan ini dalam beberapa kardus dengan harga yang sangat terjangkau.

Bakpia
Bakpia (Foto: http://www.amrantrans.com)

2. Gudeg Kering

Gudeg merupakan masakan yang terbuat dari nangka muda dan diolah dengan rasa manis. Rasa gudeg akan semakin nikmat saat dihangati beberapa kali. Biasanya, masakan ini dikombinasikan dengan ayam areh, sayur krecek, dan tahu bacam. Sebagai inovasi, saat ini gudeg diolah dalam bentuk kering sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena tahan lama meskipun harus menempuh perjalanan berhari-hari.

Gudeg
Gudeg (Foto:https://ksmtour.com)

Baca juga: Mau ke Bali? Jangan Lupa 5 Oleh-Oleh Khas Bali ini!

3. Geplak

Satu lagi makanan manis khas Yogyakarta yang juga banyak digemari wisatawan, yaitu geplak. Makanan yang berbentuk bulat tidak beraturan ini terbuat dari irisan daging kelapa yang kemudian dimasak menggunakan gula. Warnanya yang beraneka ragam, membuat tampilan makanan ini semakin menggoda.

Geplak
Geplak (http://www.dutawisata.co.id/)

4. Kaos Dagadu

Seperti halnya Joger yang terkenal dari Bali, di Yogyakarta juga ada kaus khas Yogya, Dagadu. Kaus dengan lambang mata ini dapat Anda jadikan sebagai barang oleh-oleh. Seperti halnya batik, di sepanjang Jalan Malioboro Anda bisa mendapatkan kaus ini. Namun, jangan kaget, sebab yang dijual di tempat ini tidak asli, sehingga harga yang ditawarkan pun cukup murah. Nah, jika Anda ingin mendapatkan yang asli, datang saja ke toko dagadu di belakang pasar Kranggan.

Toko Dagadu
Toko Dagadu

5. Kerajinan Perak

Di Yogyakarta terdapat perkampungan penghasil kerajinan perak, yaitu Kotagede. Di tempat ini, kios kerajinan perak berjajar menawarkan berbagai kerajinan yang unik dan cantik, seperti hiasan meja, cincin, lionton, hingga bros, bahkan helm ukir. Karena berasal dari produsennya langsung, di kawasan ini, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

kerajinanperak
Kerajinan Perak(Foto: http://www.telusurindonesia.com)

Cukup banyak, bukan, oleh-oleh yang bisa Anda bawa dari Yogyakarta? Jadi, segera buru semua oleh-oleh tersebut untuk keluarga atau sanak saudara di daerah Anda. Oleh-oleh ini juga bisa menjadi bukti outentik jika Anda memang sudah pernah berkunjung ke Yogyakarta.

Baca juga: 5 Pasar Terapung di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *