Museum Geologi

5 Museum Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bosan liburan ke pantai? Kenapa tidak coba ke museum saja? Museum biasanya dijadikan tempat untuk melihat koleksi barang bersejarah dan tempat mencari ilmu, namun  museum juga sering dijadikan sebagai tempat berwisata dalam liburan pendek. Indonesia memiliki beragam tipe museum, berikut terdapat 5 museum yang boleh dikunjungi saat liburan singkatmu:

1. Museum Nasional Indonesia, Jakarta

Museum Nasional Indonesia yang juga dikenal dengan Museum Gajah terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat dibangun pada tahun 1778 pada masa pemerintahan Belanda.  Museum Nasional merupakan museum terlengkap dan terbesar di Indonesia dengan jumlah koleksi yang melebihi empat belas ribu benda.

Museum Nasional Indonesia
Patung Gajah di depan Museum Nasional Indonesia (Foto: coretanlepas.wordpress.com)

2. Museum Geologi Bandung, Bandung

Museum Geologi yang terletak di kota Bandung ini didirikan pada tahun 1928. Museum Geologi memiliki koleksi materi geologi yang bisa kamu lihat seperti fosil, batuan dan mineral. Kamu juga dapat menemukan replika fosil dinosaurus T-Rex disini loh.

Museum Geologi
Museum Geologi, Bandung (Foto:pujidarmawan.wordpress.com)

Baca Juga : 5 Danau Terunik dan Tercantik di Indonesia

3. Museum Wayang, Jakarta

Museum Wayang memiliki koleksi wayang dari Indonesia dan wayang dari luar negeri yang terbuat dari berbagai bahan seperti kayu maupun kulit. Gedung Museum Wayang yang terletak di Jalan Pintu Besar No.27, Jakarta Barat ini sebenarnya adalah sebuah gereja yang dibangun pada tahun 1640 dan kemudian resmi digunakan sebagai museum pada tahun 1975.

Museum Wayang
Koleksi wayang di dalam Museum Wayang (Foto: annisaamaliaapriliani.wordpress.com)

4. Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa Tengah

Museum Kereta Api Ambarawa adalah museum yang diahlikanfungsi dari stasiun kereta api Ambarawa atau dikenal dengan Stasiun Willem I yang dibangun pada tahun 1873. Museum Kereta Api mengoleksi 21 lokomotif uap dengan 3 lokomotif diantaranya yang masih dapat  dioperasikan. Selain lokomotif, museum ini juga memiliki koleksi seperti telepon antik, peralatan telegraf Morse, bel antik, dan beberapa perabotan antik.

Museum Kereta Api
Salah satu koleksi kereta api di Museum Kereta Api (Foto: http://www.semarangplus.com)

5. Museum Ullen Sentalu, Kaliurang,  Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Yogyakarta yang merupakan museum yang menampilkan budaya jawa dan kehidupan bangsawan Dinasti Mataram. Museum Ullen memiliki udara sejuk karena terletak dibawah kaki gunung Merapi dan termasuk tempat yang wajib dikunjungi dikawasan wisata Kaliurang.

Museum Ullen Sentalu
Salah satu sisi dari Museum Ullen Sentalu (Foto: www.njogja.co.id/)

Baca Juga: 5 Makanan Khas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *