CAMP LEAKEY Taman Nasional Tanjung Puting

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya Kalimantan Tengah. Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan surga habitat bagi orang utan Kalimantan. Merupakan tempat konservasi orang utan terbesar di dunia. Selain sebagai Taman Nasional, Tanjung Puting juga merupakan cagar biosfer bagi hewan-hewan yang hidup di dalamnya.

Sebagai tempat konservasi, Tanjung Puting ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Tanjung Puting. Tidak seperti tempat konsevasi orang utan lainnya yang merupakan buatan manusia. Tanjung puting merupakan habitat asli orang utan. Sehingga wisatawan yang berkunjung dapat mengetahui secara nyata kehidupan orang utan di dunia ini dan mengamati kegiatan sehari-hari mereka.

Hal Asyik yang Perlu Kamu Lakukan Di Taman Nasional Tanjung Puting

1. Menyaksikan aktivitas orang utan secara langsung

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan habitat asli untuk orang utan. Di tempat ini, orang utan dilepaskan dan diuji coba untuk dapat hidup di alam secara bebas sebelum benar-benar di lepaskan ke alam bebas. Sehingga, wisatawan dapat menyaksikan aktivitas harian orang utan tanpa adanya campur tangan manusia.

Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting (foto: pontinesia.com)

2. Sunset Sungai Sekonyer

Selain dapat menikmati aktivitas orang utan, Taman Nasional Tanjung Puting menyuguhkan keindahan lain. Salah satunya adalah sunset sungai Sekonyer merupakan tempat wisata Tanjung Puting yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Meskipun tidak sebagus sunset di pantai-pantai, jutru disitu keunikannya sunset disini. Banyaknya pohon-pohon yang menaunginya, maka sunset akan berbeda.

Sunset Sungai Sekonyer
Sunset Sungai Sekonyer (foto: lifestyle.okezone.com)

3. Mencoba sampan

Selain menikmati keindahan alamnya secara langsung, kamu juga dapat bermain sampan sampai puas dengan guide dari daerah sekitar. Mencoba sampan disini akan memicu produksi hormon adrenalinmu meningkat. Pasalnya, sampan yang disiapkan tidak memiliki kemanan. Sehingga jika tidak terbiasa menggunakannya akan takut terbalik. Masalahnya adalah masih adanya buaya rawa yang mendiami daerah terebut.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Bunga Edelweis, Sang Bunga Abadi

4. Menyaksikan hewan-hewan konservasi

Saat kalian berjalan-jalan di sekitaran Taman Nasional Tanjung Puting ataupun menyusuri sungai yang ada dengan menggunakan perahu. Kamu dapat menyaksikan hewan-hewan lain yang juga berada pada Taman Nasional Tanjung Puting tersebut, seperti monyet, bekantan dan lain sebagainya. Jika beruntung, wisatawan akan bertemu dengan rusa yang sedang mencari makan atau sekedar minum di tepi sungai.

5. Menelusuri Sungai Sekonyer dengan Klotok

Klotok merupakan alat transportasi yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk memasuki kawasan tanaman nasional tanjung puting ini. Berbentuk bertingkat dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk sekedar menginap semalaman. Makanan pun disiapkan khusus untuk pengunjung dan umumnya berupa hasil laut. Tidak kalah dengan pelayanan hotel yang kelas berbintang.

Ketika menyusuri sepanjang sungai Sekonyer, pengunjung akan disuguhkan pemandangan tanaman-tanaman bakau dan hewan-hewan yang bergelantungan. Misalnya monyet, bekantan dan lutung. Setelah sampai pada titik terakir, untuk menuju Taman Nasional Tanjung Puting pengunjung dapat berjalan kaki. Tidak sampai disitu, pengunjung diperbolehkan untuk mengunjungi Camp Lakey.

CAMP LEAKEY Taman Nasional Tanjung Puting
CAMP LEAKEY Taman Nasional Tanjung Puting (foto: sangkaicity.blogspot.com)

Ketika menapak daratan pertama kali, pengunjung akan disambut tumbuhan unik, yaitu kantong semar. Selanjutnya, wisatawan dapat menuju ke Camp Lakey. Camp Lakey merupakan rehabilitasi alami orang utan di alam. Sehingga, pengunjung dapat melihat dengan bebas kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh keluarga orang utan di alam bebas.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Banyuwangi yang Hits

Berkunjung ke taman nasional tanjung puting akan memberikan pengalaman yang berharga dan tak terlupakan. Akan membuat kita semakin bijak dapat berteman dengan alam karena kita dapat menyaksikan habitat asli hewan endemik dan terancam di Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *