Gunung Prau

5 Gunung di Indonesia yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang dapat menikmati keindahan gunung dan sekaligus melatih fisik kita. Bagi kamu yang ingin jadi seorang pendaki, boleh memilih 5 gunung di Indonesia ini untuk mencari pengalaman mendaki gunung pertama kalimu:

1. Gunung Pulosari, Banten (1346 m)

Gunung Pulosari dengan ketinggian sekitar 1.346 meter dari permukaan laut terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung Pulosari adalah gunung berapi yang belum pernah meletus, dan sering dijadikan gunung dakian bagi para pemula di daerah Jawa Barat. Dalam perjalanan menuju puncak gunung, kamu bisa singgah ke 2 tempat wisata yang wajib dikunjungi yaitu Curug Putri dan Kawah Ratu.

Gunung Pulosari
Gunung Pulosari (Foto: petualangbijak.blogspot.com)

2. Gunung Andong, Jawa Tengah (1762 m)

Gunung Andong yang terletak di Magelang, Jawa Tengah memiliki ketinggian sekitar 1.762 meter. Kamu pasti gampang menemukan foto-foto puncak Gunung Andong di Instagram, karena Gunung Andong merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki pemula dan memiliki jalur pendakian yang mudah. Selain bisa melihat langsung pemandangan ke Gunung Merbabu, cobalah untuk bermalam di Gunung Andong, karena kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) di pagi hari.

Gunung Andong
Gunung Andong (Foto: manusialembah.blogspot.com)

Baca juga: 5 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

3. Gunung Papandayan, Jawa Barat (2265 m)

Gunung Papandayan terletak di Garut, Jawa Barat dan memiliki ketinggian sekitar 2.265 meter. Gunung Papandayan terkenal akan wisata dan keindahan alam, saat perjalanan kamu bisa menemukan beberapa kawah seperti Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas, dan Kawah Nangklak. Selain kawah, kamu juga bisa menemukan hamparan bunga Edelweiss di Tegal Alun dan juga Hutan Mati dengan ranting pepohonan yang kering akibat dari erupsi Gunung Papandayan.

gunung-papandayan
Hamparan bunga Edelweiss (Foto: penabiru.com)

4. Gunung Prau, Jawa Tengah (2565 m)

Gunung Prau terletak di Dataran Tinggi Dieng memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter dari permukaan laut. Gunung Prau sering menjadi pilihan bagi para pendaki pemula karena memiliki jalur pandakian yang mudah. Kamu bisa menikmati keindahan golden sunrise di puncak Gunung Prau dan memandangan keindahan puncak Gunung Sindoro, Sumbing, dan Merapi.

Gunung Prau
Pemandangan dari Gunung Prau (Foto: penabiru.com)

5. Gunung Gede, Jawa Barat (2958 m)

Gunung Gede yang berada di Bogor, Jawa Barat merupakan bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung Gede sangat cocok bagi pendaki pemula karena memiliki ketinggian sekitar 2.958 meter dari permukaan laut. Seperti Gunung Papandayan, kamu juga bisa menemukan hamparan bunga Edelweiss dan juga beberapa objek wisata seperti air terjun, sumber air panas dan telaga di Gunung Gede.

Gunung Gede
Gunung Gede (Foto: kahfijourney.blogspot.com)

Baca Juga: 5 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *