Nasi Kuning Manado

9 Kuliner Manado yang Paling Lezat

Dari waktu ke waktu kecantikan dan keelokan Manado kian menarik kedatangan para wisatawan baik lokal ataupun manca. Tak hanya sekedar mengandalkan kecantikan pemandangan alamnya, keramahan warga sekitar dan budaya yang sangat kental disini juga menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi kuliner Manado yang bisa dibilang sangat khas dan bercita rasa tinggi sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Datang ke Manado rasanya memang tak afdol jika sekedar berkunjung ke tempat wisata tanpa menikmati kuliner khasnya. Berikut ini 9 kuliner Manado yang rekomended dan masuk dalam daftar kuliner halal.

1. Cakalang Fufu

Ikan cakalang yang diasapi merupakan salah satu menu kuliner Manado yang juga tak boleh dilewatkan. Cara meraciknya cukup mudah yakni dengan mengambil ikan cakalang yang segar dan kemudian diasapi. Setelah itu barulah cakalang fufu ini diolah menjadi beragam menu lezat lainnya. Menu cakalang fufu yang cukup diminati di Manado yakni cakalang fufu saus dan cakalang fufu santan.

Jika ingin membawa pulang, Anda bisa mendapatkan cakalang fufu ini di jembatan Sario atau pasar tradisional. Ditempat tersebut banyak penjual cakalang fufu yang memang sengaja menyiapkannya dengan packingan yang rapi untuk dibawa pulang.

Cakalang Fufu
Cakalang Fufu (foto: jakarta.indoadvertiser.net)

2. Sambal Roa

Selain dabu-dabu, roa juga merupakan menu sambal terkenal di Manado. Dibuat dengan mencampurkan ikan roa asap yang dicampur dengan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, gula, garam dan cabe rawit. Sambal roa ini sangat cocok disantap dengan bubut Manado. Nah, karena rasanya yang memang sangat rekomended, jadi jangan heran jika sambal ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Sambal Roa
Sambal Roa (foto: gushaironfadli.com)

3. Woku Belanga

Ini juga adalah salah satu cara mengolah ikan ala Manado. Woku yakni campuran daun pandan, daun kunyit, daun jeruk, daun kemangi, daun serai dan beberapa bumbu lainnya yang bercita rasa segar dan pedas. Sedangkan belanga berarti ikan dan campuran bumbu tersebut akan dimasak menggunakan belanga dari tanah liat. Beberapa jenis ikan yang biasa diolah antara lain kepiting, udang, ikan mas, ikan nila dan juga kerapu.

Woku Belanga
Woku Belanga (foto: cookpad.com)

Baca juga: 7 Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba

4. Nasi Kuning Manado

Berbeda dari nasi kuning umumnya, nasi kuning disini dilengkapi dengan irisan daging sapi dan ikan cakalang. Selain itu juga ada taburan bumbu lainnya. Nasi kuning ini biasanya dibungkus dengan daun woka yang mirip janur.

Nasi Kuning Manado
Nasi Kuning Manado (foto:okyphotoworks.wordpress.com )

5. Pisang Goreng Manado

Jika biasanya kita menyantap pisang goreng langsung, maka di Manado pisang goreng ini disajikan dengan sambal. Nah, salah satu tempat terbaik menikmati kuliner Manado ini adalah di kawasan Sabuah Bulu di Malalayang. Disana Anda akan menemukan banyak kios yang menawarkan pemandangan sunset yang indah sambil mencicipi pisang goreng dan secangkir kopi.

Pisang Goreng Manado
Pisang Goreng Manado (foto: jalan2.com)

6. Klapertaart

Dessert satu ini sebenarnya adalah warisan kuliner dari Belanda sewaktu dulu bertempat di Manado. Rasanya sangat lezat dan gurih karena berbahan dasar telur, tepung susu, kelapa dan mentega. Dessert satu cocoknya disantap dalam keadaan dingin. Saat ini klapertaart diolah menjadi beragam rasa yang menggoda seperti durian, keju dan coklat.

Klapertaart
Klapertaart (foto: iamrendy.wordpress.com)

7. Gohu

Kuliner satu ini hanya bisa didapat di Manado dan sekitarnya. Kuliner Manado ini terbuat dari daging buah papaya yang masih mengkal kemudian dicampur degnan air, cabe, cuka, gula aren, jahe dan bakasang atau fermentasi dari telur ikan. Kombinasi rasa pedas, hangat dan asam cuka serta manis membuat gohu memiliki sensasi rasa yang sangat berbeda.

Gohu Pepaya
Gohu Pepaya (foto: kulineraslimanado.com)

8. Dabu-dabu

Ini adalah nama sambal ala Manado. Ya, mayoritas orang Manado memang menyukai kuliner pedas, dan dabu-dabu ini adalah sambal favoritnya. Beberapa macam dabu-dabu yang ada di Manado antara lain dabu-dabu iris, bakar, lilang dan lemong. Sambal satu ini biasanya mudah ditemui di warung makan yang menyediakan menu ikan bakar.

Dabu-dabu
Ikan bakar dengan sambal dabu-dabu (foto: cookpad.com)

9. Tinutuan

Masakan satu ini sudah sangat tersohor di Manado. Dibuat dari campuran sayuran hijau yang dimasak dengan labu kuning dan bubur membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Tinutuan atau lebih dikenal dengan sebutan bubur Manado ini sangat mudah ditemukan di Wakeke, pusat kuliner tinutuan. Disini ada begitu banyak warung yang menawarkan menu bubur Manado ini dari yang sederhana sampai mewah.

Tinutuan
Tinutuan (foto: http://lisapurnamasari.blogspot.com)

Itulah 9 jenis kuliner Manado yang wajib dicicipi ketika bertandang kesini. Selain menikmati asyiknya berwisata di Manado, berburu kuliner juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk menambah keseruan liburan.

 

Baca juga: 7 Kuliner bandung Yang Wajib Kamu Coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *