Kapurung

9 Kuliner Makassar yang Patut Dicoba

Bukan sebuah rahasia lagi jika Makassar menyimpan beragam kuliner bercita rasa tinggi. Tak hanya tempat wisatanya yang indah, namun berburu kuliner juga menjadi hal wajib bagi para wisatawan. Apalagi mengingat berbagai macam kuliner Makassar memiliki cita rasa yang sangat khas yang sulit untuk dibayangkan.

Kuliner Makassar yang wajib dicoba

Nah, jika Kamu memiliki kesempatan menyambangi Makassar, maka rasanya belum lengkap kedatanganmu ke Makassar tanpa mencicipi 8 kuliner khasnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasan kuliner Makassar yang wajib dicoba:

1. Coto Makassar

Ini adalah kuliner nomor wahid di Makassar. Coto Makassar sendiri merupakan kuliner berbahan dasar daging yang diolah dengan beragam rempah khusus khas Makassar. Nah, biasanya kuliner satu ini dinikmati dengan buras atau ketupat. Kuliner khas Makassar satu ini sudah banyak dijual di berbagai penjuru nusantara, meski begitu rasa yang paling asli tentu hanya bisa didapatkan di Makassar.

Coto Makassar
Coto Makassar (foto: agendaresepmasakan.blogspot.com)

2. Jalangkote

Kuliner satu ini bentuknya sangat mirip dengan pastel. Nah, hal yang membedakan dari pastel secara umum adalah isiannya. Jalangkote diisi dengan kentang, wortel, daun bawang dan telur. Kombinasi antar isian tersebut ditambah krispi kulitannya membuatnya menjadi camilan yang paling diminati di Makassar.

Jalangkote
Jalangkote (foto: dapoeryuyu.com)

3. Es Pisang Ijo

Kuliner Makassar memang sangat terkenal dan saat ini banyak yang bisa ditemui di berbagai penjuru Nusantara, salah satunya es pisang ijo. Es pisang ijo dibuat dengan bahan dasar pisang kepok yang dibalut dengan tepung beras bewarna hijau. Minuman segar ini biasanya disajikan dengan sirup merah dan es serut. Tampilannya yang sederhana, segar dan menggoda ini membuatnya sangat cocok disantap ketika hari tengah panas-panasnya.

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo (foto: bridestory.com)

Baca juga: 8 Kegiatan Saat Wisata ke Jogja

4. Pisang Epe

Jenis pisang yang digunakan untuk kuliner satu ini adalah pisang kapok. Pisang epe biasanya disajikan dengan pemanis yang dibuat dari gula merah bercampur air pandan yang telah ditambahkan durian. Campuran pemanis ini kemudian disiramkan pada pisang yang tadi telah dibakar. Rasanya yang manis, lezat jelas sangat menggugah selera.

Pisang Epe
Pisang Epe (foto: @dhilasina)

5. Sop Konro

Selain coto Makassar, sop konro juga menjadi primadona masakan berkuah asli Makassar. Terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu rempah seperti asam Jawa, kayu manis, serta kluwak membuatnya sangat nikmat.

Sop Konro
Sop Konro (foto: resepkoki.id)

6. Barongko

Barongko masuk dalam daftar jajanan khas Makassar yang berbahan dasar pisang yang dicampur dengan susu bubuk, gula, telur dan garam. Tidak digoreng, barongko dibuat dengan cara dikukus.

Barongko
Barongko (foto: makassar.terkini.id)

7. Pallu Basa

Sekilas kuliner Makassar ini mirip dengan coto Makassar. Bedanya yakni pada penggunaan kelapa parut sangrai dan juga santan yang kental. Nah, pallu basa juga ditambahkan telur sedangkan coto Makassar tidak.

Pallu Basa
Pallu Basa (foto: resepmasakanta.blogspot.com)

8. Mie Titi

Siapa sangka salah satu kuliner khas Makassar ada yang berbahan dasar mie. Ya, mie titi merupakan kuliner berbahan dasar mie keriting kering yang diolah dengan beragam sayuran, seafood dan juga rempah. Kuliner satu ini sangat tepat dinikmati ketika malam hari.

Mie Titi
Mie Titi (foto: cookpad.com)

9. Kapurung

Ini adalah salah satu makanan khas Makassar yang terbuat dari ayam rebus suwir, tepung sagu, sayuran hijau dan potongan-potongan terung ungu.

Kapurung
Kapurung (foto: indonesiakaya.com)

Itulah beberapa jenis kuliner Makassar yang patut dicoba ketika Kamu datang ke Makassar. Memang beberapa jenis kuliner diatas sudah sering ditemui di sekitar kita, meski begitu rasa yang original tentu hanya bisa dirasakan ketika kita bertandang langsung asalnya, Makassar.

Informasi lengkap tempat wisata di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *